Kompas.com - 25/02/2021, 07:38 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta. DOK. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta.

KOMPAS.com- Setelah para guru di DKI Jakarta mengawal vaksinasi pada Rabu, (24/2/2021), kini pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di Indonesia bisa juga mendapat vaksin Covid 19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan prioritas vaksinasi covid-19 untuk tenaga kependidikan dimulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau RA dan sederajat, Sekolah Luar Biasa (SLB), lalu Sekolah Dasar (SD) hingga MI.

Kemudian, SMP atau MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat. Menurut dia, siswa pada jenjang ini menemui kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Harapannya, guru pada tiga jenjang tersebut bisa segera disuntik vaksin. Setelah itu, kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa segera dilakukan.

Baca juga: Nadiem Makarim: Guru Honorer Juga Peroleh Vaksin 2 Kali

Melansir dari Instagram Kemendikbud, sebelum menerima vaksin para tenaga kependidikan harus tahu jika PTK yang berhak mendapat vaksin hanyalah yang terdata di Kemendikbud.

"Seluruh PTK akan mendapat vaksinasi. Vaksinasi bagi PTK seluruh jenjang pendidikan di satuan pendidikan negeri dan swasta, baik formal maupun nonformal dan pendidikan keagamaan, akan dimulai tepat pada 24 Februari 2021 dan akan diberikan secara bertahap," begitu bunyi petikan dalam postingan Instagram.

Tak cuma guru di tingkat PAUD hingga SMA, PTK Pendidikan Tinggi tak luput juga mendapat jatah vaksinasi secara bertahap.

Kemendikbud dan Kemenag telah menyiapkan data PTK yang dijadikan basis pemberian vaksinasi. Jadwal dan lokasinya, akan diinformasikan oleh Dinas Kesehatan atau Dinas Pendidikan, Kantor Wilayah Kemenag masing-masing daerah.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Lalu, apa syaratnya agar para guru dan tenaga pendidik bisa mendapat vaksin? berikut syaratnya:

1. PTK yang terdaftar cukup membawa identitas diri ke lokasi vaksinasi yang ditentukan pemerintah daerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X