Kompas.com - 24/02/2021, 17:56 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta. DOK. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan, bila guru tidak terdaftar vaksinasi Covid-19, maka bisa membawa surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan atau Kepala Sekolah (Kepsek).

"Jika guru dan tenaga kependidikan tidak terdaftar, maka bisa menyertakan surat pernyataan dari Kepsek dan bawa surat ke lokasi vaksinasi," ungkap Nadiem di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Vaksin Guru Selesai, Mendikbud: Belajar Tatap Muka Sekolah Dibuka Juli

Dia mengaku, jadwal dan lokasi vaksinasi akan diinformasikan oleh dinas kesehatan, dinas pendidikan atau kantor wilayah Kemenag masing-masing daerah.

Saat ini, kata dia, memang proses vaksinasi masih untuk guru dan tenaga kependidikan di Jakarta, tapi nantinya bisa diikuti oleh provinsi lainnya.

Dengan memberi vaksin kepada guru dan tenaga kependidikan, maka kegiatan belajar tatap muka di sekolah bisa dilakukan kembali.

Prioritas pemberian vaksin, lanjut dia, memang dimulai untuk guru dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar (SD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Baru setelah itu ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Nah setelah itu baru diberikan kepada perguruan tinggi," sebut dia.

Nadiem membidik pelaksanaan vaksin guru dan tenaga kependidikan sebanyak 5 juta orang bisa terselesaikan di akhir Juni 2021.

"Itu prioritas kami, kalau vaksin guru dan tenaga kependidikan bisa selesai di akhir Juni 2021," ungkap Nadiem.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X