Kompas.com - 04/02/2021, 15:00 WIB
Siswi MAN 3 Sleman melakukan kegiatan trauma healing bersama anak-anak korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat. Dokumen website Kemenag.go.idSiswi MAN 3 Sleman melakukan kegiatan trauma healing bersama anak-anak korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat.


KOMPAS.com - Bencana alam selalu menyisakan duka bagi semua orang. Terlebih bagi kalangan anak-anak yang mungkin saja merasakan trauma.

Seperti bencana alam gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat baru-baru ini. Tak hanya merusak bangunan fisik tapi juga meninggalkan trauma mendalam bagi warga Mamuju, khususnya anak-anak.

Hal ini menggugah hati Shafa Kamila, siswi MAN 3 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan kegiatan trauma healing bersama anak-anak di Mamuju.

Shafa yang berasal dari Desa Bambamanurung, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat menghibur anak-anak terdampak gempa.

Tepatnya di Desa Tanete Pao Mamuju, Sulawesi Barat.

Hibur anak-anak korban gempa

Shafa tak sendiri melakukan aksi trauma healing ini. Bersama Banser Siaga Bencana (Bagana) Satkorwil Sulawesi Barat melakukan beberapa kegiatan menghibur bersama anak-anak.

Tujuannya agar anak-anak melupakan sejenak bencana alam yang baru saja mereka alami.

Baca juga: Gempa Mamuju dan Majene, 27 Sekolah Rusak Ringan hingga Berat

"Kegiatan ini bertujuan meringankan atau mengurangi rasa trauma anak-anak atas peristiwa gempa bumi yang telah mengguncang tempat tinggalnya," urai Shafa seperti yang dilansir dari laman Kemenag.go.id (31/1/2021).

Selama Shafa berinteraksi dengan anak-anak korban gempa, ia melihat masih banyak anak-anak yang enggan untuk lepas dari pelukan ibunya. Trauma yang mereka alami memang berat.

Anak-anak antusias ikuti kegiatan

“Alhamdulillah, mereka antusias dan sangat senang dengan kegiatan yang kami berikan. Kami mengajak mereka untuk bermain bersama, bernyanyi, dan juga bercerita bersama,” ungkap Shafa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X