Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manga "Mob Psycho 100": Anak Biasa dengan Kekuatan Dahsyat

Kompas.com - 26/01/2021, 12:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Oleh: Fitri Annisa | Editor Komik Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Mob Psycho 100 menceritakan tentang kehidupan seorang remaja sekolah menengah bernama Shigeo Kageyama yang berpenampilan biasa dengan segala kegalauannya.

Shigeo yang biasa dipanggil Mob memiliki kekuatan supernatural yang luar biasa besar.

Karena itu kehidupan sehari-harinya dipenuhi dengan gangguan makhluk mistis, mulai dari hantu yang lemah sampai arwah berkekuatan iblis. Mob mendambakan kehidupan yang normal.

Dia ingin memiliki prestasi bagus, ingin jago olahraga, dan menyatakan cinta pada gadis yang disukainya. Tapi, semua itu sulit diraihnya karena gangguan dan tantangan terhadap kekuatan Mob dilakukan musuh-musuhnya.

Karena tidak ingin orang-orang sekitarnya terlibat hal-hal berbahaya, Mob pun berusaha menekan kekuatan supernaturalnya itu.

Baca juga: Komik “Jujutsu Kaisen”, Baru Terbit Langsung Cetak Ulang

Manga terbaik di Jepang

Mob Psycho 100 dibuat oleh ONE yang juga pengarang serial manga One-Punch Man yang diterbitkan penerbit Shueisha. Fans One-Punch Man pasti sudah tidak asing lagi dengan karya satu ini.

Dengan total 16 jilid, Mob Psycho 100 sudah tamat di Jepang dan diserialisasikan menjadi anime. Saat ini anime Mob Psycho 100 sudah ada dua season yang tayang di berbagai Negara. Di Indonesia sendiri bisa dinikmati di situs streaming berbayar seperti Netflix.

Selain anime, Mob Psycho 100 juga sudah diadaptasi ke dalam live action di tahun 2017.

Sebagai manga yang sukses meraih kepopuleran di negara asalnya, Mob Psycho 100 telah memenangkan salah satu penghargaan manga terbesar di Jepang, yaitu Shogakukan Manga Award ke-62, untuk kategori shonen manga (manga untuk remaja pria) terbaik di tahun 2017.

Kekuatan yang besar mendatangkan tanggung jawab yang besar!

Fokus dalam cerita ini adalah pengembangan diri dan bagaimana kekuatan yang besar digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Salah satu pertarungan di chapter awal yang paling berkesan adalah pertarungan Mob yang bukan menghadapi makhluk gaib, tetapi dengan sesama pengguna kekuatan supernatural.

Di sini kita menyaksikan bagaimana Mob menyelesaikan konflik tanpa menggunakan kekuatannya untuk menyakiti orang lain. Sebuah prinsip yang selalu dia pegang teguh, yaitu kekuatan supernatural tidak boleh digunakan pada manusia.

Tidak hanya mengandalkan satu kekuatan, Mob terus mengasah potensi yang ada dalam dirinya.

Di bawah bimbingan Arataka Reigen, seorang mentor dan cenayang gadungan tempat Mob bekerja, Mob berhasil mengendalikan kekuatannya yang dia lakukan dengan menekan emosinya.

Pengembangan karakter tidak hanya terjadi pada diri Mob, tetapi juga tokoh-tokoh di sekitarnya. Hal inilah yang menjadikan Mob Psycho 100 sangat menarik untuk diikuti.

Info lengkap Komik "Mob Psycho 100" dapat dilihat melalui tautan gramedia.com:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com