Liburan di Rumah? Yuk Coba 9 Kegiatan Asyik Ini

Kompas.com - 24/01/2021, 14:17 WIB
Ilustrasi sebuah keluarga menonton film bersama di rumah. SHUTTERSTOCK/MONKEY BUSINESS IMAGESIlustrasi sebuah keluarga menonton film bersama di rumah.
|

KOMPAS.com - Karena masih pandemi Covid-19, semua orang diimbau tetap di rumah saja. Meski liburan akhir pekan, bagi siswa sekolah ada banyak cara bisa dilakukan.

Apa saja itu? Tentu bukan berwisata atau jalan-jalan. Tapi kegiatan asyik yang bisa dilakukan dari rumah. Ini tentu agar kamu tidak jenuh ikut sekolah atau kuliah daring.

Jadi saat liburan akhir pekan, kamu bisa melakukan kegiatan ini. Merangkum laman Rencanamu.id, ini 9 kegiatan asyik di rumah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Liburan di Rumah, Yuk Ciptakan Pembelajaran Menarik bagi Anak

1. Menonton TV

Saat kemarin sibuk kegiatan di sekolah/kampus, kini saatnya meluangkan waktu nonton acara favorit di TV. Nonton TV bisa digabung dengan konten-konten menarik di Youtube.

2. Maraton film

Ketika di rumah bisa melakukan hal-hal apa saja. Jika ingin menghabiskan waktu liburan di rumah, maka bisa maraton nonton film kesukaanmu. Atau bisa pula nonton drama Korea dan film-film serial lainnya.

3. Bermain

Ini adalah saat yang tepat untuk bermain. Jadi, isi liburanmu dengan bermain bersama teman atau keluarga. Banyak permainan yang bisa dimainkan. Misalnya monopoli, kartu uno, atau yang lain.

4. Hobi

Jika kamu suka hobi tertentu, maka saat liburan inilah kamu bisa manfaatkan. Melakukan hobi seperti berolahraga, baca buku, memasak, melukis bisa dilakukan sekarang.

Tentu melakukan hobi di hari libur ini bisa membantu kamu menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari.

5. Membuat kerajinan

Ketika tidak ada kegiatan, ada baiknya kamu coba buat benda-benda unik seperti kerajinan. Bisa gantungan kunci, boneka, tempat pensil atau benda lainnya. Selain bisa koleksi, kamu tentu dapat mengembangkan kreativitasmu.

6. Menata ulang kamar

Bosan dengan suasana kamar? Maka kamu bisa mendekorasi kamar agar lebih menarik. Hal ini dilakukan agar kamu tidak bosan tinggal di kamarmu.

Bisa menata ulang barang-barangnya, mengecat ulang atau mengubah posisi tempat tidur hingga menghias kamar agar lebih menarik.

7. Coba buat aneka makanan

Jika kamu suka makan, coba di hari liburmu ini untuk membuat sendiri makanan kesukaanmu. Ini bisa dilakukan bersama temanmu. Apalagi sudah jadi dan dimakan bareng-bareng, pasti mampu menambah kebersamaan.

8. Membersihkan ruangan

Mumpung libur, maka ada baiknya kamu membersihkan ruangan di rumahmu. Selain menjadi bersih, kamu bisa menikmati liburan dengan ruangan yang nyaman dan terhindar dari kotoran juga debu.

Baca juga: 5 Kegiatan Asyik Liburan di Rumah Tanpa Harus Mudik

9. Berkebun

Bagi yang memiliki halaman luas apalagi ada kebunnya, maka berkebun bisa jadi kegiatan asyik di liburanmu ini. Jika tanaman hias belum ada, maka kamu bisa menambahkannya. Atau bisa pula dengan menyirami dan merawat tanamannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X