Prospek Kerja Prodi Astronomi ITB, Ini Jurusan Langka Lho...

Kompas.com - 24/01/2021, 09:56 WIB
salah satu pengunjung tengah mencoba melihat langit melalui teleskop zeiss, yang merupakan salah satu teleskop di observatorium bosscha. KOMPAS.com/AGIEPERMADIsalah satu pengunjung tengah mencoba melihat langit melalui teleskop zeiss, yang merupakan salah satu teleskop di observatorium bosscha.
|

KOMPAS.com - Biasanya, banyak mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah kedokteran, hukum, ekonomi, atau teknik informatika.

Tetapi, masih jarang yang mengambil jurusan kuliah yang satu ini, yakni Astronomi. Apa itu astronomi?

Melansir laman Institut Teknologi Bandung ( ITB), astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Apakah Astronomi sama dengan astrologi? Tentu beda.

Astronomi memang mempelajari benda langit, tapi bukan untuk meramal keuangan apalagi cinta. Astronomi berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

Baca juga: Yuk Mengenal Jurusan Meteorologi ITB Berikut Prospek Kerjanya

Secara garis besar, salah satu prodi ITB yakni Astronomi memakai ilmu matematika dan fisika agar segala peristiwa yang terjadi di ruang angkasa tidak hanya dapat diamati tapi juga dapat dimengerti dan dimodelkan.

Mempelajari banyak ilmu

Selain matematika dan fisika, pengembangan perangkat lunak, pemrograman, analisis model, dan statistika juga digunakan dan dilakukan di sini.

Prodi Astronomi ITB sendiri terdiri atas tiga bidang keahlian yaitu:

  • Tata Surya
  • Fisika Bintang
  • Galaksi dan Kosmologi

Pada proses perkuliahannya, nantinya kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti pada kuliah Lintasan Satelit yang lebih mengarah pada Astronautika. Pengantar Instrumentasi Astronomi yang memperkenalkan kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi.

Sistem Kalender yang nantinya dapat digunakan juga untuk penentuan hilal, yaitu penentuan awal bulan pada sistem penanggalan Islam.

1. Tata Surya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X