Kompas.com - 08/01/2021, 13:17 WIB
Garuda Pancasila Blogspot.com / mediavectorGaruda Pancasila
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah tentu harus paham dengan dasar negara Indonesia yakni Pancasila. Sebagai salah satu mata pelajaran PPKn atau PKN, maka harus paham lebih dalam mengenai Pancasila.

Tapi, apakah siswa sudah paham sejarah Pancasila? Bagaimana Pancasila dibentuk dan ditetapkan? Pancasila dibentuk oleh siapa?

Merangkum laman Sumber Belajar Kemendikbud, Jumat (8/1/2021) berikut ini dijelaskan penetapan Pancasila dalam sidang PPKI atau kapan Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara.

Persiapan dibentuk Pancasila

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah sebuah badan yang dibentuk untuk merumuskan dasar negara yaitu Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil perjuangan para pendiri negara. Mereka adalah orang-orang yang berjuang untuk mendirikan bangsa dan negara Indonesia. Jasa-jasanya sudah seharusnya kita kenang.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Seperti yang diucapkan oleh Proklamator Kemerdekaan Indonesia Ir Soekarno: "Jangan sekali-kali melupakan sejarah".

Pernyataan tersebut mengandung arti untuk tidak melupakan sejarah perjuangan bangsa, merupakan kewajiban seluruh warga negara sebagai bangsa Indonesia.

Penetapan Pancasila dalam sidang PPKI

Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 di gedung Kesenian Jakarta.

Sidang pembukaan dilaksanakan oleh:

  • Drs. Muhammad Hatta
  • Ki Bagus Hadikusumo
  • Wahid Hasyim
  • Mr. Kasman Singodimejo
  • Teuku Muhammad Hasan

Pada sidang pembukaan disepakati untuk mengubah kalimat Pembukaan UUD pada alinea keempat tentang dasar negara Pancasila pada sila pertama, “...Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluk-pemeluknya...”

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X