Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Tanamkan Nilai-nilai Pancasila pada Anak Usia Dini

Kompas.com - 21/11/2020, 10:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Para pendiri bangsa Indonesia telah menyusun dasar negara yakni Pancasila. Tentu, setiap warga negara Indonesia harus mengamalkan betul semua sila yang ada di dalam Pancasila.

Nilai-nilai luhurnya menjadi pondasi dalam diri setiap anak agar kelak ketika anak itu dewasa memiliki karakter kebangsaan.

Memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila tidak berarti dimulai saat di bangku sekolah dasar. Namun, penanaman dapat dilakukan sejak anak berusia dini.

Bahkan menjadi sangat tepat karena anak usia dini akan lebih tertanam dalam hati dan benak anak dengan baik.

Anak usia dini yang masih berada dalam usia emas juga akan sangat mudah menangkap dan mempraktikkan suatu hal. Oleh karena itu wajib bagi setiap orangtua mengenal nilai Pancasila dalam keseharian anak.

Baca juga: Ini Contoh Pengamalan Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

Tentu bukan memperkenalkan secara teoritis. Anak-anak bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa aktivitas yang menjadi modal awal untuk mengenalkan nilai-nilai luhur Pancasila pada anak yang dilansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud.

1. Rutin diajak beribadah bersama

Sila pertama Pancasila mengandung nilai Ketuhanan. Di dalamnya memberikan tugas kepada orangtua untuk mengenalkan dan mengajarkan anak tentang agama.

Untuk anak yang masih berusia dini, salah satu cara termudah mengenalkan anak dengan agama dan Tuhan YME adalah dengan mengajaknya beribadah bersama.

Lebih baik jika rutin orangtua ajak beribadah di tempat ibadah sesuai agama masing-masing. Cara lain yang bisa orangtua ajarkan pada anak sebagai penanaman Pancasila sila pertama ini adalah membiasakan berdoa di setiap aktivitas anak.

Misalnya sebelum makan, tidur, atau bermain. Jangan lupa orangtua selalu mengingatkan untuk berdoa terlebih dahulu. Mengenalkan anak pada kitab suci juga menjadi salah satu pengamalan sila ke 1 Pancasila untuk anak kita yang masih berusia dini.

2. Berkunjung ke rumah saudara

Salah satu pengamalan sila ke 2 ialah berkunjung ke rumah saudara, teman, atau tetangga. Ini merupakan salah satu cara menumbuhkan nilai Pancasila pada anak usia dini.

Sila kedua yang mengandung makna kemanusiaan, berarti menugaskan kepada orangtua agar senantiasa menanamkan karakter simpati dan empati dalam diri anak.

Cara yang dapat dilakukan orangtua misalnya meminta anak menghibur temannya yang sedang menangis, menolong teman jika melihatnya terjatuh atau kesusahan, dan lain sebagainya.

Pembiasaan-pembiasaan ini lambat laun akan menjadikan anak kita tumbuh dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi.

3. Ajak teman bermain bersama

Pada pengamalan sila ke 3 Pancasila terkandung makna persatuan. Karena itu orangtua wajib membiasakan anak untuk rukun. Baik rukun dengan teman bemain, atau dengan cara mengajak teman bermain bersama tanpa membedakan status sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com