Kompas.com - 10/12/2020, 18:59 WIB
Sosialisasi Daring SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021 Dok. LTMPTSosialisasi Daring SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021

KOMPAS.com - Calon mahasiswa Indonesia, seleksi masuk perguruan tinggi sudah di depan mata. Sudah saatnya melakukan persiapan matang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) segera menggelar sosialisasi seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tahun 2021.

Info tersebut disampaikan oleh LTMPT melalui akun Instagram resmi, Kamis (10/12/2020).

"Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga! Segera daftarkan diri pada Sosialisasi Daring: SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021," tulis akun LTMPT.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Sosialisasi Daring SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2020 pukul 09.00-12.00 WIB.

Sebanyak 500 guru BK terpilih akan bergabung melalui Zoom. Sementara peserta yang tidak bisa mengikuti melalui zoom, sosialisasi ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan Instagram LTMPT Official.

3 jalur masuk PTN

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

Sementara itu, jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

  1. Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.
  2. Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.
  3. PTN juga dapat melakukan seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X