Bantu Guru Kelola PJJ, Zenius Luncurkan Manajemen Pembelajaran Gratis

Kompas.com - 27/11/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar dari rumah

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan tantangan bagi murid dan orangtua, guru pun menghadapi tantangan tak kalah besarnya guna bisa memastikan anak-anak mendapatkan hak belajar.

Seperti tak sekadar mencari bahan materi belajar yang menarik, namun guru juga didorong untuk membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa, dan menilai hasil pekerjaan siswa.

Kemudian, guru juga harus mendesain kegiatan belajar mengajar dengan menyenangkan, memotivasi, dan mudah diterima meski tanpa bisa berinteraksi langsung dengan siswa.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Mendikbud: Terima Kasih Telah Menjadi Pelukis Masa Depan Indonesia

Guna membantu guru mengelola PJJ, Zenius Education meluncurkan sistem manajemen pembelajaran Zenius untuk Guru (ZuG) yang dapat diakses secara gratis.

ZuG memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan.

Zenius telah membuka akses ZuG ke lebih dari 6.000 guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform ini lebih jauh.

Chief of Teachers Initiative Zenius Education Amanda P. Witdarmono mengatakan, dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, Zenius berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai, seperti meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

"Zenius untuk Guru hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Guru SMA Gajah Mada Bandar Lampung Ervina Septiani yang telah menggunakan ZuG sejak September 2020 mengatakan sangat bersyukur platform co-creation untuk guru seperti ZuG hadir di masa-masa sulit ini.

“Masukan kami diimplementasikan dengan baik. Saya bisa membuat materi dan soal sendiri dengan lebih efisien karena menggunakan materi dari Zenius sebagai basisnya. Kemudian, sistem penilaian otomatisnya benar-benar menghemat waktu. Saya bisa lebih fokus berinteraksi dengan siswa dan mendorong serta mengawasi kemajuan mereka," papar Ervina.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Muhammad Jufri mengatakan pihaknya berkomitmen membantu para guru memecahkan beragam kendala semasa PJJ, salah satunya dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Zenius.

Baca juga: Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

"ZuG akan segera terhubung dengan fitur kelas digital di platform E-Panrita, portal belajar daring yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Kami berharap sinergi ini dapat membawa manfaat bagi banyak guru dan siswa. Kami sangat senang bisa menemukan mitra dengan misi yang sejalan, yaitu memajukan pendidikan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi," paparnya.

Platform ZuG kini dapat diakses lewat tautan guru.zenius.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X