Kompas.com - 25/10/2020, 21:32 WIB
Sekolah Semesta. Semarang, berhasil meraih 8 medali dalam 7 bidang dari 9 bidang yang dilombakan dalam Kompetisi Sains Nasional 2020.
DOK. SEKOLAH SEMESTASekolah Semesta. Semarang, berhasil meraih 8 medali dalam 7 bidang dari 9 bidang yang dilombakan dalam Kompetisi Sains Nasional 2020.

KOMPAS.com - Perjuangan siswa SMA Semesta dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tidak main-main. Hasilnya, sekolah ini berhasil meraih 8 medali dalam 7 bidang dari 9 bidang yang dilombakan.

"Semoga siswa-siswi SMA Semesta bisa mewakili Indonesia di kompetisi internasional seperti tahun 2020 ini," harap Sri Widowati, Pembina Klub Olimpiade Sekolah SPK Semesta.

Ia mngungkapkan, tahun ini siswa SMA Semesta, Pikatan Arya Bramajati yang mewakili Indonesia di International Olympiad in Informatics berhasil mengukir prestasi mengharumkan Indonesia dengan raihan medali emas. 

Lebih jauh Sri menginformasikan, dalam KSN 2020, Tim Olimpide SMA Semesta yang meraih medali di antaranya;

  • Adninda Fitri Risdianto (medali emas bidang kimia)
  • M. Nazal (medali emas bidang astronomi)
  • Steven Christopher (medali perak bidang informatika)
  • M. Fajar (medali perak bidang matematika)
  • Daffara (medali perunggu bidang kebumian)
  • Ewangga (medali perunggu bidang kebumian)
  • M. Akmal Sani (medali perunggu bidang geografi)
  • M. Hafiz Radhea (medali perunggu bidang biologi)

Baca juga: Satu Tahun Jokowi-Maruf, Puspresnas: Menjaga Nyala Semangat Prestasi Siswa

Strategi penguatan prestasi

"Perjuangan belum berakhir, semua peraih medali masih harus mengikuti pelatihan nasional untuk berkompetisi dan mewakili Indonesia di kompetisi sains tingkat Internasional 2021 yang diadakan di berbagai negara," ungkap Sri lebih jauh.

Sebagai strategi dalam penguatan prestasi, para siswa yang menjadi anggota tim olimpiade diarahkan untuk mengikuti pelatihan olimpiade secara rutin.

Sekolah favorit di kota Semarang yang baru saja membuka cabang di daerah Candi Golf, Sekolah Semesta 2 (non asrama), sejak lama dikenal sarat prestasi. Prestasi diraih tidak hanya skala nasional tetapi juga tingkat internasional.

Untuk prestasi Internasional, sekolah Semesta telah 3 kali berturut-turut mengantarkan siswanya ke kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) dengan capaian 2 medali emas dan 1 medali perak.

Tahun 2020 ini kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) meski diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya, siswa SMA Semesta Pikatan Arya Bramajati yang mewakili Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dengan memenangkan medali emas.

Prestasi ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-13 dari 87 negara. Bersaing dengan 347 peserta lain dari berbagai negara, Pikatan Arya Bramajati mendapatkan nilai total 529,43 dari total nilai maksimal 600.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X