Kirim 6 Siswa di KSN 2020, SMA Cahaya Rancamaya Unjuk Prestasi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 21/10/2020, 21:48 WIB
Tim olimpiade SMA Cahaya Rancamaya, yaitu Olymipad Squad of Cahaya Rancamaya (OSCAR), mengirimkan 6 siswa yang menjadi wakil Jawa Barat dalam Kompetisi Sains Nasional 2020. DOK. CRIBSTim olimpiade SMA Cahaya Rancamaya, yaitu Olymipad Squad of Cahaya Rancamaya (OSCAR), mengirimkan 6 siswa yang menjadi wakil Jawa Barat dalam Kompetisi Sains Nasional 2020.

KOMPAS.com - Keterbatasan akibat pandemi Covid-19 tidak menghalangi siswa SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School untuk berprestasi dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020.

KSN merupakan acara tahunan diadakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud untuk siswa jenjang SMP dan SMA sederajat yang unggul dalam bidang sains. Pemenang KSN nantinya akan mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade sains internasional.

Tidak main-main, tim olimpiade SMA Cahaya Rancamaya, yaitu Olymipad Squad of Cahaya Rancamaya (OSCAR), mengirimkan 6 siswa yang menjadi wakil Jawa Barat dalam kompetisi nasional tersebut.

Enam siswa tersebut yakni;

  1. Ernest Regia Achmad Chandra (Matematika)
  2. Muhammad Luqman Hakim (Fisika)
  3. Muhammad Mikail Rais (Fisika)
  4. Muflih Naufal Maxi (Komputer)
  5. Imam Ardiansyah (Biologi)
  6. Zidane Yhandra Devano (Geografi)

Baca juga: Gramedia Science Day 2020, Ajak Anak Mencintai Dunia Sains

Kunci keberhasilan siswa

"Hampir tujuh bulan lebih sejak Maret lalu kita semua dalam suasana ketidakpastian, yaitu wabah pandemi Covid 19. Suasana yang mau tidak mau memaksa kita untuk mau beradaptasi dengan perubahan," ujar Direktur Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School (CRIBS), Ari Rosandi.

Ari melanjutkan, "hal ini yang selalu kami sampaikan kepada para siswa Cahaya Rancamaya IBS bahwa pandemi jangan sampai menurunkan semangat untuk terus berprestasi."

"Motivasi untuk tidak menyerah dan kesiapan beradaptasi dengan perubahan menjadi salah kunci para siswa untuk tetap berprestasi meskipun di masa pandemi," tegas Ari.

Hasilnya, tiga dari enam siswa CRIBS meraih medali, yaitu:

  • Muflih Naufal Maxi (medali perak bidang informatika),
  • Ernest Regia Achmad Chandra (medali perunggu bidang matematika), dan
  • Muhammad Lukman Hakim (medali perunggu bidang fisika).

Atas capaian tersebut, Ari Rosandi selaku Direktur Pendidikan dan Hamzah Dwi Handoko selaku Kepala sekolah SMA Cahaya Rancamaya memberikan apresiasi positif atas capaian siswa dan dukungan guru.

"Strategi paling penting untuk memantik prestasi siswa di masa PJJ ini adalah menjaga komunikasi sekolah dalam hal ini para guru, wali kelas dengan siswa dan orangtua siswa," ungkap Ari saat dihubungi Kompas.com (21/10/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X