Kompas.com - 15/10/2020, 20:23 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi Indonesia. Ada beberapa tantangan besar harus dilalui pemerintah di era pandemi seperti ini.

"Ada beberapa tantangan yang harus dilalui pemerintah, luar biasa sekali tantangannya," ucap Rektor Prasetya Mulya Djisman S Simandjuntak dalam acara webinar dengan topik "Bangun UMKM di Tengah Multikrisis", Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Ini Cara PNL agar Mahasiswa Banyak Diserap Industri

Rektor Prasmul, Djisman menjelaskan 3 tantangan yang harus dihadapi pemerintah sebagai dampak dari pandemi Covid-19:

1. Lapangan kerja 

Tantangan pertama, terkait masalah lapangan kerja. Karena dampak Covid-19 membuat perusahaan mengalami penurunan laba. Pada akhirnya tingkat pengangguran juga makin meluas.

"Jadi luar biasa sekali tantangannya saat ini, tak hanya mencipatakan lapangan kerja 2,5 juta setiap tahunnya. Tapi harus memindahkan penduduk dari sektor informal ke sektor formal," jelas dia.

2. Angka kemiskinan

Poin kedua, pemerintah harus fokus ke permasalahan kemiskinan yang mengalami peningkatan akibat pandemi Covid-19.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia naik 9,78 persen atau sebanyak 26,42 juta orang per Maret 2020, dibanding posisi 25,14 juta orang di Maret 2019.

3. Neraca pembayaran

Lalu, kata dia, masalah ketiga adalah neraca pembayaran yang selalu dihadapi pemerintah setiap tahunnya.

Dengan adanya pandemi tersebut, lanjut dia, membuat ekonomi Indonesia mengalami minus hingga akhir 2020. Meski penurunannya tidak separah yang pernah dilalui di kuartal I dan II tahun ini.

"ADB memperoyeksikan ekonomi Indonesia -1 persen di 2020, sedangkan menurut proyeksi OECD ekonomi Indonesia -3,3 persen," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.