Implementasi Kampus Merdeka, Untar Gelar "Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020"

Kompas.com - 15/10/2020, 17:53 WIB
Rektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan saat memberikan kata sambutan dalam acara ?Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020? pada Kamis (15/10/2020) lewat aplikasi Zoom. DOK. KOMPAS.com/ELISABETH DIANDRA SANDIRektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan saat memberikan kata sambutan dalam acara ?Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020? pada Kamis (15/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya, Universitas Tarumanagara (Untar) mengundang 36 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia dalam acara virtual bertajuk “Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020” untuk mengimplementasikan salah satu aspek dalam program merdeka belajar.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan pun merasa bahwa pertukaran mahasiswa sangat perlu dilaksanakan.

“Pertukaran mahasiwa ini adalah implementasi dari kampus merdeka dan merdeka belajar. Di mana interaksi antar mahasiswa dan dosen, antar berbagai universitas, antar berbagai program studi, sangat perlu dilaksanakan,” ucap Agustinus pada Kamis (15/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

Baca juga: Merdeka Belajar–Kampus Merdeka: Antara Peluang dan Tantangan

Baginya, membangun interaksi bisa menciptakan satu komunitas bersama yang berguna untuk meningkatkan kompetensi maupun bisnis di masa depan.

Agustinus menambahkan, acara pertukaran mahasiswa ini dapat menjadi peluang bagi peserta untuk bisa terus berkolaborasi membangun semangat kewirausahaan.

Dalam acara yang diikuti lebih dari 600 peserta ini, Untar mengambil tema entrepreneurship atau kewirausahaan untuk mendorong mahasiswa menyiapkan bisnisnya sendiri.

“Kita sebagai perguruan tinggi tentu memikirkan bagaimana kita mempersiapkan profesional untuk dunia pekerjaan, tetapi juga bagaimana kita mendorong mahasiswa bisa menyiapkan bisnisnya sendiri sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Saya kira ini adalah satu hal yang penting,” tutur Agustinus.

Acara yang sepenuhnya diadakan secara daring ini akan berlangsung selama 3 hari dari pagi hingga sore.

Agustinus mengatakan bahwa kegiatannya meliputi kreativitas, inovasi, kerja sama, bagaimana membangun perusahaan rintisan, mendirikan perseroan terbatas, kemampuan berkomunikasi, dan mendapatkan hak kekayaan intelektual untuk bisnis.

Selain itu, Untar juga membuka sesi CEO talk, di mana pendiri dari suatu perusahaan akan membagikan kisahnya dalam membangun hingga menjaga keberlangsungan bisnis tersebut.

Peserta juga melakukan kunjungan industri secara virtual dan mengikuti tahapan ujian secara kelompok maupun mandiri.

“Kami akan mengeluarkan sertifikat kepesertaan dan keterangan aktivitas hari ini dan nilai (ujian). Hasilnya nanti dimanfaatkan perguruan tinggi masing-masing, minimal kita bisa membangun kolaborasi terus antar mahasiswa,” imbuh Agustinus.

Inspirasi dan calon rekor MURI

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X