Federasi Serikat Guru Dukung Penyederhanaan Kurikulum 2013

Kompas.com - 27/09/2020, 17:06 WIB
Ilustrasi siswa SMA mengerjakan UNKP. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi siswa SMA mengerjakan UNKP.

KOMPAS.com - Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) menyatakan mendukung rencana penyederhanaan Kurikulum 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia ( FSGI) Retno Listyarti mengatakan, Kurikulum 2013 memang sudah saatnya disederhanakan terlebih di tengah adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

"Tidak dalam kondisi pandemi saja Kurikulum 2013 sulit dituntaskan, apalagi di saat bencana seperti saat ini," papar Retno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Penyederhanaan Kurikulum Tidak Dilakukan sampai 2022

Ada sejumlah catatan yang diajukan FSGI apabila pemerintah memutuskan untuk menyederhanakan Kurikulum 2013.

Pertama, kata Retno, penyederhanaan adalah untuk mengurangi muatan kurikulum 2013 yang selama ini sarat beban dan sulit dituntaskan.

"Penyederhanaan kurikulum berfokus pada pengurangan muatan, terutama materi yang tumpang tindih antar mata pelajaran terkait, bukan menghilangkan mata pelajaran tertentu," imbuhnya dalam poin kedua.

Ketiga, penyederhanaan juga diperlukan di saat pandemi Covid-19 karena PJJ menimbulkan sejumlah kendala. Mengingat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sempat menyatakan bahwa tak ada penyederhanaan kurikulum hingga 2022.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan September Jenjang SD-SMA Mulai Cair Hari Ini

Selanjutnya, Retno mengatakan alasan lain penyederhanaan selama pandemi adalah karena jam belajar setiap mata pelajaran sudah banyak dikurangi.

Terkait pelajaran sejarah, catatan FSGI di poin kelima ialah untuk Matpel Sejarah, penyederhanaan dilakukan untuk penguatan muatan sejarah lokal dalam konteks sejarah nasional Indonesia.

Termasuk, dilakukan penguatan pembelajaran sastra untuk Matpel Bahasa dan Sastra Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X