Orangtua, Kebutuhan Dasar Anak Harus Dipenuhi Meski Pandemi

Kompas.com - 27/09/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Hingga kini, pandemi Covid-19 masih menimbulkan rasa kekhawatiran bagi semua orang. Untuk itulah pemerintah masih mengimbau agar semua kegiatan dilakukan dari rumah.

Bagi orang tua yang memiliki anak, tentu juga harus tetap memperhatikan anaknya dengan baik. Segala kebutuhan dasar anak usia dini harus dipenuhi.

Seperti memberikan makanan yang bergizi, mengajak dan mendorong olah raga yang asyik dan menyenangkan tetap harus diberikan pada anak usia dini.

Baca juga: Akademisi Unair: Ini Dampak Stunting bagi Perkembangan Anak

Dalam Webinar Orang Tua Berbagi: Rumahku Sekolahku Episode 12, pada 19 September 2020 lalu, salah seorang ibu asal Padang, Zulda Musyarifah mengakui hal itu tak mudah dilakukan sesuai harapan dan keinginan.

"Saya ini pekerja kesehatan di rumah sakit, tidak berlaku work from home, jadi tidak bisa mengawasi langsung, anak kadang malas olah raga, malas makan sayur, dan sebagainya," ujar ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai dokter seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Selasa (22/9/2020).

Solusi bagi pekerja

Karena itu, dia memberikan solusi yakni:

1. Memanfaatkan tugas sekolah. Jika sekolah menugaskan olah raga, itu bisa dimanfaatkan, atau membacakan buku tentang pandemik.

2. Harus terus mengawasi masalah kesehatan di masa pandemi ini, seperti menjaga ketat ketika keluar rumah, memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

3. Melakukan refleksi dan observasi. Misalnya anak tidak suka makan sayur. "Setelah saya tanya, ternyata anak-anak merasa pahit, maka coba cari alternatif sayuran yang tidak pahit, atau cara lain dengan mengajak anak membuat makanan dengan proses yang menyenangkan," jelasnya.

Aspek pendidikan diperhatikan

Anak usia dini harus diberi ruang untuk bermain. Karena anak itu dunianya dunia bermain, maka berikan ruang dan waktu untuk bisa bermain namun tentunya disesuaikan dengan situasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X