Lulus Vokasi Siap Kerja, Ditjen Diksi Benahi SDM Pendidik

Kompas.com - 22/09/2020, 14:54 WIB
Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) telah resmi dibuka hari ini, Selasa, 19 Mei 2020 secara simbolis oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. DOK.SBMPNJalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) telah resmi dibuka hari ini, Selasa, 19 Mei 2020 secara simbolis oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto.
|

KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia ( SDM). Tak terkecuali di dunia pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) juga terus memajukan pendidikan di Indonesia.

Bahkan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) saat ini tengah melakukan investasi besar-besaran guna melakukan pembenahan SDM di lingkup pendidikan vokasi.

"Tahun ini dan tahun depan Ditjen Diksi benar-benar melakukan investasi besar-besaran pada SDM dalam pembenahan SDM vokasi," ujar Wikan Sakarinto selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud seperti dikutip dari laman Ditjen Diksi, Senin (21/9/2020).

Menurut Wikan, kepala sekolah, guru, dosen, dekan, dan direktur politeknik mindset-nya harus dibenahi. Jadi, tidak hanya peserta didiknya saja.

Baca juga: Kemendikbud: Info Lowongan Lulusan SMK Minggu Ketiga September 2020

"Memang sulit mengubah manusia, tapi di situlah tantangannya dan tetap harus kita lakukan," kata Wikan.

Dikatakan, tantangan terberatnya adalah mengubah mindset guru dan dosen vokasi untuk keluar dari zona nyaman.

Ini karena materi-materi pembelajaran harus mengikuti perkembangan industri, tidak hanya mengedepankan hard skill, tetapi juga soft skill.

Jadi, guru dan dosen juga dituntut dapat berkomunikasi dengan dunia industri. SDM dari pendidik ini harus ditingkatkan kemampuannya.

Tak hanya itu saja, kepala SMK kini juga memiliki beban cukup berat. Sebab, tugasnya selain harus memberikan ilmu akademik, juga menyiapkan lulusannya untuk siap kerja dan menjadi CEO.

Menurut Wikan, tugas kepala SMK ialah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X