Kompas.com - 09/09/2020, 20:20 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.
|

KOMPAS.com - Ketika lulus kuliah dan ingin bekerja, tentu harus melamar pekerjaan. Tapi, bagaimana melamar pekerjaan yang baik?

Tentu tak mudah bagi para fresh graduate atau baru lulus kuliah dari perguruan tinggi. Untuk itulah diperlukan pengetahuan agar melamar pekerjaan di suatu perusahaan bisa sukses.

Namun, tentunya kamu bukanlah kandidat satu-satunya yang dicari oleh perusahaan yang kamu lamar. Karenanya penting bagi kamu untuk tahu cara melamar kerja yang baik.

Dengan seperti ini, peluang untuk diterima di tempat atau perusahaan yang kamu tuju akan lebih besar nantinya.

Baca juga: Tips Melamar Kerja di Tengah Pandemi untuk Fresh Graduate

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (9/9/2020), ini poin-poin yang harus kamu ketahui.

1. Gunakan formal Pdf untuk CV/Resume/Portofolio

Fomat ini digunakan karena akan memudahkan tim rekruiter dalam melakukan pengecekan. Kemudian file akan lebih nyaman dilihat karena tata letak tidak akan berantakan.

2. Jadikan dokumen dalam satu file Pdf

Tim HRD akan lebih senang jika semua persyaratan rekruitmen ada dalam satu file Pdf untuk memudahkan pemeriksaan.

Jadi gabungkan CV, portofolio, juga sertifikat yang kamu miliki ke dalam file Pdf.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X