Kompas.com - 21/08/2020, 13:19 WIB
Webinar Kemitraan LAN dan Tanoto Foundation Seri II, bertajuk Transformasi Manajemen ASN untuk ASN Unggul, melalui Zoom dan Youtube LAN RI, Kamis (16/7/2020). DOK. Humas Lembaga Administrasi NegaraWebinar Kemitraan LAN dan Tanoto Foundation Seri II, bertajuk Transformasi Manajemen ASN untuk ASN Unggul, melalui Zoom dan Youtube LAN RI, Kamis (16/7/2020).
|

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi ini, semua harus serba dari rumah. Seperti halnya siswa dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Bahkan orang yang sudah bekerja, kini bisa mengikuti webinar hanya dari rumah. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, semua bisa dilakukan dari rumah.

Salah satunya ialah adanya aplikasi video conference atau konferensi video. Ini biasa digunakan untuk meeting/bekerja antara rekan kerja, kuliah online mahasiswa, pembelajaran siswa sekolah atau sekadar melepas kangen dengan teman.

Baca juga: Akademisi IPB: Ini Manfaat Konsumsi Pangan Lokal

Menurut Kepala Bagian Manajemen Lanskap, Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB University, Prof. Hadi Susilo Arifin, kebijakan Work From Home (WFH) membuat aplikasi konferensi video banyak dipakai sebagai sarana tatap muka dari rumah.

"Dengan kondisi seperti ini, para pekerja, mahasiswa atau siswa sekolah harus menyelesaikan kewajibannya dari rumah termasuk mengadakan dan mengikuti rapat," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB.

Tak heran, kini hanya dengan ponsel pintar atau laptop yang terhubung dengan internet, maka bisa mengikuti konferensi video dari mana saja.

"Dengan menggunakan aplikasi video conference, kita dapat tersambung dengan beberapa orang dalam satu kali panggilan saja," katanya.

Tetapi, menurut Prof. Hadi, konferensi video ini ada aturannya. Berikut 7 tips yang dibagikan Prof. Hadi:

1. Pakai akun nama asli

Ketika mengiktui konferensi video, sebaiknya menggunakan akun dengan nama asli yang lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X