Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2020, 13:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi ini, semua harus serba dari rumah. Seperti halnya siswa dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Bahkan orang yang sudah bekerja, kini bisa mengikuti webinar hanya dari rumah. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, semua bisa dilakukan dari rumah.

Salah satunya ialah adanya aplikasi video conference atau konferensi video. Ini biasa digunakan untuk meeting/bekerja antara rekan kerja, kuliah online mahasiswa, pembelajaran siswa sekolah atau sekadar melepas kangen dengan teman.

Baca juga: Akademisi IPB: Ini Manfaat Konsumsi Pangan Lokal

Menurut Kepala Bagian Manajemen Lanskap, Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB University, Prof. Hadi Susilo Arifin, kebijakan Work From Home (WFH) membuat aplikasi konferensi video banyak dipakai sebagai sarana tatap muka dari rumah.

"Dengan kondisi seperti ini, para pekerja, mahasiswa atau siswa sekolah harus menyelesaikan kewajibannya dari rumah termasuk mengadakan dan mengikuti rapat," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB.

Tak heran, kini hanya dengan ponsel pintar atau laptop yang terhubung dengan internet, maka bisa mengikuti konferensi video dari mana saja.

"Dengan menggunakan aplikasi video conference, kita dapat tersambung dengan beberapa orang dalam satu kali panggilan saja," katanya.

Tetapi, menurut Prof. Hadi, konferensi video ini ada aturannya. Berikut 7 tips yang dibagikan Prof. Hadi:

1. Pakai akun nama asli

Ketika mengiktui konferensi video, sebaiknya menggunakan akun dengan nama asli yang lengkap.

2. Foto profil diri asli

Sebisa mungkin menggunakan profile picture/display picture dengan portrait diri asli (tidak menggunakan gambar binatang, pemandangan atau lainnya).

3. Pakai busana sopan

Meski ikut meeting dari rumah, tapi harus memakai busana yang sopan. Sebaiknya sesuaikan dengan agenda forumnya (terutama busana atas yang akan tertangkap kamera).

4. Atur posisi yang baik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com