Setelah Penantian Panjang, Sekuel Novel "5 Cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang" Terbit

Kompas.com - 21/08/2020, 11:44 WIB
Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) menerbitkan kembali sekuel novel mega best-seller 5 cm, dengan judul 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang bertepatan dengan HUT RI ke-75. DOK. GRASINDOPenerbit Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) menerbitkan kembali sekuel novel mega best-seller 5 cm, dengan judul 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang bertepatan dengan HUT RI ke-75.

KOMPAS.com - Donny Dhirgantoro adalah penulis novel dan skenario yang dikenal melalui novel perdananya yang berjudul "5 cm". Terbit sejak 2005, buku tersebut telah dicetak ulang 37 kali dan telah difilmkan pada 2012 lalu.

Pada pertengahan 2020 ini, penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) menerbitkan kembali sekuel novel mega best-seller "5 cm", dengan judul "5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang".

Masih dengan tokoh sama, mereka menemui konflik baru dalam suatu proses pendewasaan diri.

Awal cerita dimulai dari kepulangan Genta, Ian, Zafran, Arial, dan Riani dari puncak Gunung Mahameru. Kali ini, Donny berbicara tentang persahabatan dan harapan hidup.

Baca juga: Hadapi Era Digital, Arwin Rasyid Ingatkan Dua Tantangan Besar Perbankan di Buku Barunya

Tempat indah dan tersembunyi NTB

Novel ini lebih menceritakan tentang bagaimana mereka menghadapi quarter-life crisis. Setelah lulus kuliah, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan hidup. Bahkan terkadang kita harus mengambil pilihan yang tidak kita sukai," ungkap Donny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, "di sini saya mencoba menjabarkan itu semua dalam suatu bentuk cerita. Bukan sebagai analisa perilaku, tapi tentang bagaimana mereka menghadapi berbagai masalah dan bagaimana menyikapinya.”

Tema cerita "5 cm" sendiri berisi tentang sebuah perjalanan. Keseruan kelima tokoh di dalamnya terulang saat mereka kembali melakukan perjalanan bersama di bulan Agustus, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kali ini, mereka memulai perjalanan menuju salah satu destinasi terindah di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB). Donny menghadirkan tempat-tempat indah dan tersembunyi yang ada di NTB untuk dapat menjadi inspirasi pembaca dalam melakukan perjalanan.

“Saya melihat destinasi ini sebagai tempat yang menyenangkan, fun, dan bisa dilakukan. Di ‘5 cm’ yang pertama, banyak pembaca yang melakukan traveling ke Mahameru sesuai dengan cerita di dalam bukunya," jelas Donny.

"Kali ini lebih panjang perjalanannya, mudah-mudahan diikuti kembali sama teman-teman seperti yang pertama kemarin,” tambahnya.

Lanjut dengan film sekuel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.