Kompas.com - 21/08/2020, 12:07 WIB
Buku Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak diterbitkan oleh Miracle pada bulan April 2020 hingga kini telah mengalami cetak ulang sebanyak tiga kali. DOK. M&C GRAMEDIABuku Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak diterbitkan oleh Miracle pada bulan April 2020 hingga kini telah mengalami cetak ulang sebanyak tiga kali.

Oleh: Driartha Vera | M&C! Gramedia

KOMPAS.com - Pandemi yang melanda Indonesia beberapa bulan terakhir cukup berpengaruh bagi aktivitas kita sehari-hari. Sebagian orang memilih untuk membatasi kegiatannya dengan alasan keamanan, termasuk kegiatan bersama si buah hati.

Akhirnya, aktivitas bersama keluarga di rumah pun menjadi pilihan. Untuk mommies yang karena keadaan harus menghadapi si kecil selama 24 jam sehari, mungkin mommies akan mengalami banyak hal mengejutkan.

Disampaikan beberapa psikolog, kondisi yang mengharuskan anak banyak tinggal di rumah dengan interaksi sosial terbatas juga membuat mereka terpengaruh. Muncul bermacam-macam perasaan secara bersamaan dalam hati anak akibat situasi baru ini.

Rumitnya perasaan di dalam hati mereka kemudian mungkin memunculkan perilaku negatif seperti menjadi pemarah, tidak mau menurut, bandel, dan lain-lain.

Padahal mungkin jika mommies bisa menempatkan diri pada posisi anak, mommies bisa membantu mereka memahami perasaan-perasaan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hadapi Era Digital, Arwin Rasyid Ingatkan Dua Tantangan Besar Perbankan di Buku Barunya

Bantu anak mengenali diri

Berbagai perasaan yang mungkin muncul dalam diri anak ditampilkan secara apik dalam buku berjudul “Apa Namanya?: Kamus Perasaan Anak”.

Seperti judulnya yang menggunakan kata “kamus”, buku ini benar-benar seperti kamus mini yang berisi berbagai jenis perasaan beserta definisinya. Nama-nama perasaan tersebut disusun sesuai abjad sebagaimana layaknya sebuah kamus.

Yang lebih menarik lagi, pada halaman di sebelah kanan, mommies bisa menemukan contoh-contoh situasi yang mungkin bisa mendorong munculnya perasaan tersebut.

“Kakak nggak suka harus tinggal di rumah terus, ya? Kakak pengen ketemu teman-teman di sekolah? Itu namanya kakak kangen sama teman-teman.”

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.