"Reinventing Your Life": Saatnya Merdeka dari Perangkap Kehidupan

Kompas.com - 11/08/2020, 11:37 WIB
Buku Reinventing Your Life karya Jeffrey Young dan Janet Klosko yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama (GPU). DOK. GPUBuku Reinventing Your Life karya Jeffrey Young dan Janet Klosko yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama (GPU).

KOMPAS.com - Seorang pria selama tiga puluh tahun bekerja membantu ayahnya menjalankan bisnis keluarga. Ia sebenarnya tidak menyukai bidang pekerjaan itu, tapi karena selalu ingin menyenangkan orang lain, termasuk ayahnya, dia bertahan di pekerjaan itu.

Anehnya, semakin keras dia berusaha menyenangkan orang lain, semakin mereka merasa terganggu. Padahal dia selalu mendahulukan kepentingan orang lain dan mengalahkan kepentingannya sendiri.

Di lain kisah, ada seorang wanita paruh baya menghabiskan hidup dengan rasa takut. Dia selalu berpikir hal buruk akan menimpanya. Kalau meninggalkan rumah, dia selalu khawatir akan ditabrak mobil, dirampok, atau terjangkit penyakit dari orang asing yang ditemui.

Relasinya dengan suami menjadi renggang, karena sang suami merasa diabaikan. Sang suami makin sering melakukan aktivitas sendiri tanpa mengajak istrinya.

Baca juga: Bumi yang Tak Dapat Dihuni, Kisah tentang Masa Depan

11 "perangkap hidup"

Kondisi yang dialami kedua sosok itu mungkin terasa tak asing bagi kita. Bisa jadi kenalan, atau bahkan kita sendiri, juga mengalaminya, dengan kadar yang berbeda-beda.

Jeffrey Young dan Janet Klosko dalam "Reinventing Your Life" yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ( GPU), menyebut kondisi itu sebagai lifetrap.

Ada sebelas lifetrap paling umum yang dibahas kedua psikolog ini, yaitu

  • abandonment atau ditinggalkan,
  • mistrust and abuse atau sulit percaya dan pelecehan,
  • emotional deprivation atau miskin emosi,
  • social exclusion atau tersisih,
  • dependence atau ketergantungan,
  • vulnerability atau merasa rentan terkena bencana
  • defectiveness atau merasa tidak berharga,
  • failure atau kegagalan,
  • subjugation atau pengontrolan,
  • unrelenting standards atau standar sangat tinggi, dan
  • entitlement atau berhak melakukan apa saja.

Terlepas dari banyak jenisnya, ada satu kesamaan dari semua perangkap kehidupan ini: bersifat merusak diri.

3 cara mengenali lifetrap

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X