50 PTN dan PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020

Kompas.com - 30/07/2020, 11:34 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Menyusul QS World University Ranking dan Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020, pemeringkatan dunia Webometrics 2020 resmi diumumkan.

Merangkum laman Universitas Brawijaya, Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan di Spanyol yang didirikan atas inisiatif Cybermetrics Lab, sebuah lembaga penelitian yang dimiliki Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC).

Cybermetrics Lab merupakan bagian dari CSIC, dikhususkan untuk menganalisis kuantitatif internet dan konten web, khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dan pengetahuan ilmiah.

Baca juga: Jalur Mandiri Universitas Indonesia Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Ini merupakan disiplin baru yang disebut Cybermetrics atau Webometrics. Webometrics menggunakan metode kuantitatif yang merancang dan menerapkan indikator yang memungkinkan mengukur aktivitas ilmiah di web.

Webometrics merilis hasil pemeringkatan dua kali per tahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Universitas Brawijaya sendiri berada di peringkat 3 perguruan terbaik Indonesia versi Webometrics bulan Juli 2020 atau rangking 1.169 dunia.

Menurut Wakil Rektor I bidang Akademik Prof. Aulanni'am pemeringkatan tersebut menggambarkan tingkat kualitas perguruan tinggi yang dinilai.

"Ini merupakan prestasi UB yang membanggakan di saat pandemi Covid-19 yang memprihatinkan. UB terus berupaya meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional," kata Prof. Aul seperti dilansir dari laman UB, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Unpad Buka Pendaftaran Jalur Mandiri S1, Nilai UTBK Bukan Syarat Utama

Webometrics 2020 juga merilis bahwa Universitas Indonesia meraih peringkat ke-9 di Asia Tenggara, peringkat ke-1 di Indonesia dan peringkat 693 di dunia.

Berikut daftar 50 Perguruan Tinggi Negeri (PTN ) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Indonesia versi Webometrics pada Juli 2020:

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X