Unpad Buka Pendaftaran Jalur Mandiri S1, Nilai UTBK Bukan Syarat Utama

Kompas.com - 14/07/2020, 10:15 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran ( Unpad) membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri bagi program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) mulai Senin 13 Juli 2020 hingga 4 Agustus 2020.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi mengatakan, Unpad sebelumnya akan menjaring mahasiswa baru melalui jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK saja.

“Melihat kondisi tersebut, Unpad akan membuka seleksi tambahan untuk peminat Program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) bagi yang tidak sempat mengikuti UTBK karena berbagai kendala. Seleksi ini akan dilakukan berupa ujian secara daring (online) yang dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta,” jelas Dandi seperti dilansir dari laman Unpad.

Baca juga: Jalur Mandiri Universitas Indonesia Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Pelaksanaan seleksi daring ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Peserta dapat menggunakan perangkat ujian berupa PC Deskstop, Notebook, atapun Laptop dengan spesifikasi yang sudah ditentukan dan dilengkapi dengan webcam.

Dengan sistem CAT berbasis daring, ujian ini dapat dijalankan di tempat tinggal masing-masing, dengan kuota data yang harus disiapkan oleh peserta minimal 500MB.

Hal ini disebabkan, situasi pandemi dan kurangnya minat para lulusan SMA untuk mengikuti UTBK tahun ini membuat penyaringan calon mahasiswa melalui SBMPTN tidak mencapai jumlah yang memadai.

Baca juga: Jalur Mandiri S1 ITB Dibuka, Simak Ketentuan dan Cara Daftar

Kuota peserta ujian yang memilih lokasi ujian di kampus Unpad hanya terpenuhi sekitar 50 persen dari kuota maksimal.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menyatakan, seleksi dengan menggunakan nilai UTBK tetap dilakukan, sesuai dengan kebijakan awal yang sudah pernah disampaikan.

Namun pada intinya, seleksi tambahan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada semua peminat yang ingin masuk Unpad, termasuk yang tidak sempat mengikuti UTBK pada waktunya.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

“Mungkin saja pada saat pelaksanaan UTBK, banyak yang terkendala untuk daftar karena batas waktu atau akses sehingga tidak dapat mengikuti ujian. Atau ada juga yang sudah mengikuti UTBK tahun lalu. Bahkan kami buka kesempatan juga untuk peserta UTBK tahun ini yang ingin melakukan ujian kembali karena mungkin tidak yakin dengan hasilnya,” tutur Arief.

Pengumuman hasil seleksi jalur mandiri, termasuk yang melalui seleksi nilai UTBK, akan dilakukan paling lambat tiga hari setelah pengumuman SBMPTN.

Informasi tentang seleksi masuk Unpad dapat dilihat melalui laman http://smup.unpad.ac.id/jalur-mandiri-sarjana/ 


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X