MPLS di Jatim Harus Kreatif dan Inovatif, Ini Tujuannya

Kompas.com - 14/07/2020, 10:06 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah saat membuka MPLS di Jatim. DOK.Instagram Dindik JatimGubernur Jawa Timur Khofifah saat membuka MPLS di Jatim.
|

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) secara virtual dari gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (13/7/2020).

Pembukaan MPLS itu bagi peserta didik baru kelas X SMA/SMK/PK-PLK Negeri dan Swasta se-Jawa Timur. Tahun ini, MPLS dilaksanakan secara daring (online) karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Di Jawa Timur MPLS diikuti oleh 423 SMA Negeri, 1.119 SMA Swasta, 297 SMK Negeri, serta 1.821 SMK swasta.

Baca juga: Kemendikbud Larang MPLS secara Langsung, Nadiem Akui PJJ Belum Optimal

Dalam arahannya, khofifah menyampaikan bahwa MPLS daring ini dilaksanakan sesuai kebijakan dari pusat yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Yakni satuan pendidikan belum bisa melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka/luring, apabila wilayah tersebut masih zona merah Covid-19.

Harus kreatif dan inovatif

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menyampaikan perlu adanya penyesuaian-penyesuaian yang lebih baik.

Tentunya harus lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi informasi secara optimal.

Sehingga walaupun KBM secara luring, sesuai pada salah satu tujuan MPLS yaitu, terkait dengan pengenalan berbagai aspek pembelajaran pada satuan pendidikannya tetap dapat tercapai secara optimal.

Tujuan MPLS

Melansir akun resmi Instagram Dinas Pendidikan Jatim, MPLS tahun ini bertujuan:

1. Mengenali potensi diri siswa baru.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X