Tips Menghadapi UTBK-SBMPTN 2020 dari Zenius Education

Kompas.com - 25/06/2020, 19:25 WIB
UTBK 2020 Dok. LTMPTUTBK 2020

KOMPAS.com - Menjelang dilaksanakannya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020, tentu para siswa yang kini sedang berada di kelas 12 mulai mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi UTBK.

Ujian seleksi seperti UTBK SBMPTN, SNMPTN, dan Ujian Mandiri, ditujukan untuk menyaring siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Kompetisi yang ketat mengingat kapasitas kursi PTN yang terbatas, juga memberikan tekanan ekstra terhadap proses persiapan yang perlu dilakukan oleh para peserta.

Sebagai gambaran, terdapat lebih dari 478.000 peserta yang mendaftar SNMPTN pada tahun 2019. Dari jumlah tersebut, hanya ada 92.000 atau sekitar 19,3 persen yang lolos dan diterima. Sementara, sisanya sebanyak hampir 380.000 peserta lebih harus rela tersingkir.

Sementara di jalur SBMPTN, dari 714.000 jumlah total peserta, mereka yang dinyatakan lolos hanya ada sebanyak 168 ribu atau sekitar 23,6 persen sementara setidaknya hampir 500.000 peserta ditolak kampus impiannya.

Zenius Education memprediksi, bahwa pola tingkat penerimaan sekitar 20 persen ini juga akan terjadi pada UTBK tahun 2020 ini.

Lalu apa yang bisa dilakukan peserta UTBK untuk mempersiapkan diri? Zenius Education memiliki beberapa tips yang dapat kalian, para siswa kelas 12, gunakan untuk belajar UTBK secara mandiri:

1. Latihan soal UTBK tahun sebelumnya

Langkah awal ini bertujuan untuk menguji kemampuan diri sendiri dan membiasakan diri pada tingkat kesulitan soal-soal UTBK, sehingga dapat memberikan gambaran secara umum dan sudah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) dirimu sampai dengan saat ini.

Baca juga: 4 Perubahan Aturan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020

Jika kalian bingung mencari soal-soal UTBK tahun sebelumnya, Zenius sudah menyediakan kumpulan soal UTBK atau SBMPTN tahun-tahun lalu buat Tes Potensi Skolastik (TPS), atau dulunya umum disebut sebagai Tes Potensi Akademik (TPA).

Perlu dicatat bahwa, selain jadwal pelaksanaan ujiannya yang ditunda, materi yang diujikan di UTBK tahun 2020 juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya TPS dan TPA diujikan di masing-masing jurusan, maka tahun ini hanya TPS saja yang akan diujikan.

2. Ikuti Try Out UTBK

Setelah mencoba latihan-latihan soal tahun sebelumnya secara mandiri, kalian kini dapat mengukur kemampuan dengan mengikuti berbagai try out online dan offline yang biasanya banyak diadakan jelang UTBK seperti saat ini.

Tryout-tryout ini selain untuk membantu lebih jauh membiasakan diri dengan soal-soal yang akan muncul di UTBK, juga berguna untuk membandingkan kemampuan saat ini dengan rekan sejawat kalian.

Saat mengerjakan tryout-tryout tersebut, utamanya yang saat ini kebanyakan diadakan secara online, kalian bisa mencoba lebih jauh untuk mensimulasikan situasi tryout saat semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti kalian mengerjakan test UTBK aslinya.

Misalnya dengan cara membuat kondisi ruangan sehening mungkin dan meminimalisir gangguan, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan dirimu terhadap tekanan dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang singkat.

3. Evaluasi Kelemahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X