Ini 17 Pemenang "Covid-19 INA IDEAthon" yang Diumumkan Menristek

Kompas.com - 08/05/2020, 14:03 WIB
Tangkapan layar Menristek/BRIN Prof Bambang Brodjonegoro saat mengumumkan 17 pemenang INA IDEAthon. DOK.KemenristekTangkapan layar Menristek/BRIN Prof Bambang Brodjonegoro saat mengumumkan 17 pemenang INA IDEAthon.
|

KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional ( Menristek-BRIN) Prof. Bambang Brodjonegoro mengumumkan nama-nama penerima penghargaan ide-ide terbaik " Covid-19 INA IDEAthon" melalui Video Conference Zoom, Jumat (8/5/2020) siang.

Telekonferen yang juga disiarkan langsung di kanal Youtube Kemenristek/BRIN tersebut diumumkan ada 17 nama-nama pemenang.

Ke-17 pemenang itu berhasil menyisihkan ribuan peserta se-Indonesia. Sedikitnya ada 5590 proposal yang berisi ide kreatif tentang Covid-19.

Baca juga: Menristek Serahkan Hasil Riset pada BNPB, Ada 10 Unit Mobile Hand Washer

Acara dibuka oleh Heri Hermansyah, Direktur Kekayaan Intelektual Kemenristek/BRIN. Menurut Heri, sejak Indonesia ditemukan kasus Covid-19 pada awal Maret 2020, maka Menristek langsung mengajak publik untuk berpartisipasi dalam penanganan Covid-19.

Terkumpul 5590 proposal

Melalui INA IDEAthon, Kemenristek/BRIN mengajak partisipasi publik dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan mengenai produk/program yang dapat direalisasikan sebagai cara dalam mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

"Dari proposal yang terkumpul ada 5590. Namun proposal itu kemudian disaring lagi oleh 20 administrator serta 54 pakar juga 5 panelis," ujar Heri.

Sedangkan menurut Prof Ismunandar selaku Staf Ahli Relevansi dan Produktivitas Kemenristek/BRIN, IDEAthon ini untuk mengajak publik bagaimana menggerakkan ide-ide terbaik dalam penanganan Covid-19.

Hanya saja, dari 5590 proposal itu kemudian disaring menjadi 4397 proposal yang unik. Kemudian diseleksi lagi menjadi 2104 yang memenuhi syarat administrasi.

Tetapi, jumlah itu kemudian disaring menjadi 203 proposal yang diunggulkan.

"Kami dari panelis melalui FGD menyaring lagi menjadi 32 proposal, hingga dinilai lagi dan terpilih 17 nama-nama pemenang yang nantinya akan difasilitasi dana oleh Kemenristek/BRIN," kata Ismunandar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X