Hardiknas di Tengah Pandemi, Ayo Ayah Ibu Jadi Guru!

Kompas.com - 03/05/2020, 21:10 WIB
Ilustrasi belajar bersama anak ShutterstockIlustrasi belajar bersama anak

Oleh: Prof. Sri Minda Murni

Peristiwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan masalah besar bagi dunia pendidikan kita. Lembaga pendidikan seolah lumpuh dan anak-anak tidak lagi dapat belajar sebagaimana mestinya.

Salah satu jalan keluar terbaik saat ini adalah kembali melirik fungsi rumah sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama.

Sebagai lembaga pendidikan, keutamaan rumah sesungguhnya melebihi keutamaan semua lembaga pendidikan.

Namun dengan alasan tidak semua rumah memiliki sumber daya manusia, Ayah, Ibu dam orang dewasa lain, yang mumpuni dan memiliki ilmu serta kelapangan waktu membuat peran utama rumah sebagai lembaga pendidikan utama bergeser dan tergerus terus dari waktu ke waktu.

Baca juga: Hardiknas 2020, Kemdikbud: Pembelajaran Sesuai Minat dan Kondisi Siswa

Potensi keluarga sebagai lembaga pendidikan

Padahal sepanjang rumah tetap setia pada fungsinya sebagai lembaga pendidikan utama maka perubahan apapun yang terjadi - yang mengimbas pada lembaga sekolah dan masyarakat - tidak akan mampu mengguncang anak-anak kita.

Keluarga sesungguhnya memiliki semua hal yang dimiliki lembaga pendidikan formal seperti target/sasaran, kurikulum, dan evaluasi.

Tulisan ini bertujuan memotivasi Ayah/Ibu untuk menjadikan kembali rumah sebagai lembaga pendidikan utama bagi anak-anak mereka.

1. Target pendidikan keluarga

Nilai/sikap, pengetahuan, dan keterampilan merupakan tiga target/sasaran perubahan dalam pendidikan keluarga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X