Live Instagram Kompas.com: Begini Cara Mengajar Anak Digital Selama WFH

Kompas.com - 03/05/2020, 14:14 WIB
Indra Charismiadji, Direktur Eksekutif CERDAS (Center for Education Regulations and Development Analysis). DOK. PRIBADI/INDRA CHARISMIADJIIndra Charismiadji, Direktur Eksekutif CERDAS (Center for Education Regulations and Development Analysis).

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyentuh segala lini kehidupan tak terkecuali di dunia pendidikan. Anak-anak kini semakin dimudahkan dengan hadirnya internet untuk belajar terlebih selama wabah pandemi corona.

Anak-anak yang lahir di era tahun 2010-an lazim dikenal dengan generasi Alpha. Anak-anak dari generasi alpha akan memiliki karakteristik yang khas, termasuk pada cara mereka belajar dan berinteraksi.

Generasi alpha yang lahir di era digital ini, dipengaruhi oleh perubahan yang cepat, dan akan mengalami evolusi dalam pemikiran. Generasi ini berpotensi membawa pembaruan bagi kehidupan sosial, dan memajukan masyarakat.

Para orangtua, sebagai salah satu pendidik anak, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dalam menerapkan metode pembelajaran. Orangtua perlu memahami karakteristik generasi alpha yang lahir di tengah pesatnya dunia digital.

Sementara, di masa pandemi corona, semua pembelajaran anak hampir dilakukan secara digital. Anak-anak diminta untuk mengerjakan tugas lewat aplikasi, belajar lewat aplikasi telekonferensi dan lainnya.

Tentunya, hal tersebut menjadi tantangan bagi orangtua untuk mengajar para anak-anak digital ini. Apa itu anak digital dan bagaimana cara mengajar anak digital?

Kompas.com rubrik Edukasi menghadirkan program Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah berupa bincang-bincang bersama pakar dan pegiat pendidikan di akun Instagram Kompas.com.

Edisi pertama bincang-bincang Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah bertema "Begini Cara Mengajar Anak Digital selama WFH".

Narasumber yang akan berbagi pengalaman adalah Direktur Executive Center for Education Regulation and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji.

Acara bincang-bincang akan diselenggarakan melalui Instagram @kompascom pada Senin, 4 Mei pukul 10.00 WIB.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X