Perundungan dan Tips Mengatasinya

Kompas.com - 29/04/2020, 09:49 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

Oleh Irwan Suhanda*

MEDIA massa baru-baru ini memberitakan aktor film Tom Hanks menghadiahkan sebuah mesin tik merek CORONA kepada seorang bocah laki-laki berumur delapan tahun.

Pasalnya, bocah yang bernama Corona De Vries, mengaku sedih sekaligus marah ketika teman-teman sekolahnya merundung (mem-bully) dengan memanggilnya “Coronavirus”.

Bocah yang mengetahui bahwa aktor Tom Hanks dan istri positif terjangkit virus Covid-19 dan dirawat di sebuah rumah sakit di Queensland, Australia, menulis surat mengeluarkan isi hatinya.

“Aku dengar bahwa Anda dan istri terkena virus Corona. Apakah Anda baik-baik saja? Aku suka namaku sendiri, Corona De Vries, tetapi di sekolah teman-temanku mengejek Coronavirus. Aku sangat sedih dan marah ketika orang memanggilku begitu,” demikian isi surat itu.

Baca juga: 10 Cara Hadapi Bullying atau Perundungan, Kamu Wajib Tahu!

Tom Hanks pun mengapresiasi surat bocah tersebut. “Suratmu membuat aku dan istriku merasa bahagia. Kamu satu-satunya yang kutahu mempunyai nama Corona. Ini aku punya mesin tik merek CORONA, cocok untukmu. Pakailah untuk membalas suratku,” kata Tom Hanks.

Kartu merah

Contoh perundungan lain terjadi di Kota Malang, pada Januari 2020, terhadap pelajar SMP bernama MS (13 tahun). MS menjadi korban perundungan oleh tujuh temannya di sekolah.

MS waktu itu diangkat dan dijatuhkan ke paving (ubin berbentuk kotak-kotak) sehingga cedera dan jarinya harus diamputasi.

Perundungan ( bullying) tidak pernah ada habisnya. Berulang kali terjadi sejak dulu hingga sekarang ini. Perundungan dapat terjadi di mana saja, tetapi yang paling sering terjadi di sekolah.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X