Kompas.com - 25/04/2020, 18:49 WIB

KOMPAS.com - Meski pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April 2020 namun di daerah pinggiran Jakarta masih banyak anak-anak dan orangtua beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker.

Mereka juga tidak mempraktikan protokol kebersihan lain seperti mencuci tangan dan membersihkan diri ketika masuk rumah.

Terdorong melihat persoalan ini Yayasan Hidung Merah (YHM) melakukan kegiatan edukasi guna meningkatkan kesadaran anak-anak dan keluarga di daerah pinggiran Jakarta dalam menghadapi pandemi global ini.

YHM sendiri berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki misi mendukung perkembangan pendidikan dan kepribadian anak di daerah pinggiran serta mendukung pemberdayaan pemuda melalui seni untuk mendorong mereka menjadi kontributor positif bagi masyarakat.

YHM mengedukasi anak-anak dan orangtua dari komunitas terpinggirkan di Jurangmangu, Tangerang Selatan pada hari Rabu, 22 April 2020.

Baca juga: Kisah Danti, Relawan Rumah Bahasa UI Edukasi Masyarakat Terkait Wabah Corona

Edukasi menjaga kebersihan

 

Acara yang juga didukung Covid-19 Response Center Artha Graha Peduli, diadakan di Jurangmangu Community Center for Children (JCCC) berfokus pada penyuluhan mengenai langkah-langkah menjaga kebersihan diri.

Beberapa edukasi yang dilakukan antara lain; etika bersin, tata cara memakai masker, protokol masuk rumah, serta petunjuk cuci tangan yang benar.

Tema-tema yang disampaikan melalui video singkat ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dari komunitas terpinggirkan untuk mencerna informasi tersebut agar tujuan dari kegiatan ini dalam mengedukasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik.

Kombinasi penyampaian visual melalui video, praktik langsung serta pembagian brosur cetak memudahkan peserta memahami langkah pencegahan dan menyampaikannya ke anggota keluarga lain di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.