Kompas.com - 05/04/2020, 10:05 WIB
Sejumlah anggota polisi berlari menuju gedung pertemuan setelah pembukaan pendidikan Setukpa Polri angkatan ke-49 oleh Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis di Sukabumi, Jawa Barat Selasa (3/3/2020) KOMPAS.COM/BUDIYANTOSejumlah anggota polisi berlari menuju gedung pertemuan setelah pembukaan pendidikan Setukpa Polri angkatan ke-49 oleh Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis di Sukabumi, Jawa Barat Selasa (3/3/2020)
|

KOMPAS.com - Hingga kini, situasi dan kondisi di Indonesia masih belum stabil karena penyebaran virus corona atau Covid-19.

Karena itu, beberapa agenda pada penerimaan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) TA 2020 ada yang dihentikan sementara.

Hanya saja, untuk pendaftaran online penerimaan Polri 2020 Tamtama, Bintara, dan Taruna bagi lulusan SMA /sederajat ini masih dibuka hingga 6 April 2020.

Baca juga: Terbaru! Pendaftaran Rekrutmen Bintara Polri bagi Lulusan SMA Diundur

Jika kamu ingin mengabdi pada bangsa dan negara bersama Polri, maka simak info terbaru yakni pengumuman dari laman resmi Penerimaan Polri ini:

PENGUMUMAN

Dalam rangka mengindari kerumunan massa dan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) maka Panitia Pusat Penerimaan Terpadu Anggota Polri mengambil kebijakan sebagai berikut:

  1. Batas maksimal verifikasi 4 (empat) haru mulai hari Minggu, 22 Maret 2020 ditiadakan. Data pendaftar tidak hilang (pengaturan hapus otomatis oleh sistem telah di non aktifkan);
  2. Kegiatan Verifikasi Pendaftar di Polres/Pabanrim untuk sementara dihentikan, sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Panitia Pusat akan membuat petunjuk teknis verifikasi.

Di bawah ini Kompas.com coba merangkum Penerimaan Bintara Polisi Tugas Umum (PTU). Tahun ini, Polri membuka pendaftaran sebanyak 10.275 orang. Terdiri Bintara PTU dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus).

Tempat pendidikan

  • SPN Polda untuk Bintara PTU dan Bakomsus
  • Sepolwan untuk Bintara Polwan

Tempat pendaftaran

Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polres/Polda

Ketentuan penerimaan

  • Pendaftar/peserta tidak dipungut biaya/gratis dan bebas dari praktek KKN Pendaftar/peserta wajib mengunduh aplikasi WBS SDM Polri. Tata cara mengunduh dan menggunakan aplikasi terdapat di laman penerimaan.polri.go.id
  • Para calon harus memberikan keterangan yang sebenarnya (tidak memberikan keterangan palsu dan atau tidak benar) dalam rangka peberimaan Bintara Polri.
  • Penerimaan Bintara Polri menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) dan tidak dipungut biaya.
  • Sebelum diangkat sebagai anggota Polri, siswa Bintara Polri yang dinyatakan lulus pendidikan pembentukan wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agama dan kepercayaannya.
  • Bintara Polri bersumber dari ijazah D3 diberikan masa dinas surut 2 tahun dan ijazah S1/D4 diberikan masa dinas surut 3 tahun.

Persyaratan umum

  • Warga Negara Indonesia (Pria atau Wanita)
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Pendidikan paling rendah SMA/Sederajat
  • Berumur paling rendah 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  • Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan SKCK dari Polres Setempat). Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan khusus

1. Pria/Wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI

2. Lulusan SMA/Sederajat:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X