Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Why? Series", Komik Pendidikan dengan Penjualan Lebih dari 2 Juta Eksemplar

Kompas.com - 22/03/2020, 18:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mendengar kata “sains”, anak-anak pasti akan langsung terpikirkan hal-hal sulit dan membosankan. Padahal sains merupakan hal penting. Kita sadari, terdapat banyak unsur sains di kehidupan kita sehari-hari.

Untuk memudahkan anak-anak dalam mempelajari sains, penerbit Elex Media Komputindo telah lama menghadirkan "Why? Series", seri komik pendidikan yang dikemas secara ringan dan menghibur.

"Why? Series" adalah komik pendidikan best seller di Indonesia dengan penjualan lebih dari 2 juta eksemplar.

Seri ini menyajikan berbagai pengetahuan yang dibagi ke dalam beberapa topik, yakni Science, Social Science, People, World History, Country, Humanities, dan Math. Pembahasan yang ada di dalamnya pun mengikuti topik-topik tersebut.

Baca juga: “Cookie Run Sweet Escape Adventure!”, Petualangan Sains bersama Para Cookie Hebat!

Raih penghargaan di Korea

Komik pendidikan asal negeri ginseng, Korea Selatan, ini telah tersebar di seluruh dunia dengan diterjemahkan dalam 13 bahasa dan dipublikasikan di lebih dari 50 negara.

Di negara asalnya, seri yang diterbitkan penerbit YeaRimDang Publishing ini selalu menjadi komik pendidikan terbaik dan meraih banyak sekali penghargaan, di antaranya “Grand Prize at the Republic of Korea Educational Brand Awards” dan “Outstanding Health Book by the Ministry for Health, Welfare and Family Affairs”,

"Why? Series" juga meraih penghargaan untuk “Outstanding Science Book by the Ministry of Science, ICT and Future Planning”, dan “Most Favored Korean Brand by the Korean Marketing Forum”.

Dengan total lebih dari 200 buku yang telah diterbitkan, "Why? Series" selalu menjadi komik pendidikan yang populer di kalangan anak-anak Korea Selatan.

Best seller di Indonesia

Di Indonesia sendiri, "Why? Series" pertama kali diterbitkan pada 2009 dan masih diterbitkan secara rutin sampai saat ini.

Sejauh ini, penerbit Elex Media Komputindo telah menerbitkan lebih dari 180 judul "Why? Series" dengan judul-judul best seller seperti “Why? Human Body”, “Why? Dinosaur”, “Why? Climate Change”, “Why? Steve Jobs”, “Why? Albert Einstein”, “Why? Japan”, “Why? Canada”, dan lain sebagainya.

Dipandu karakter bernama Omji dan Komji, anak-anak dapat mempelajari berbagai pengetahuan yang ada di dunia ini, mulai dari hal-hal ilmiah terkait ilmu pengetahuan alam, dan sejarah.

Komik pendidikan ini juga menjelaskan berbagai perkembangan unsur-unsur yang ada di kehidupan anak sehari-hari seperti bahasa, seni, dan film, sejarah negara-negara di dunia, tokoh-tokoh penting dalam memajukan dunia, karya-karya klasik dunia, sampai pemahaman dasar matematika.

Baca juga: Ayo, Bersmurf Lagi! Para Smurf Telah Kembali!

 

Semua ini dikemas dalam cerita menghibur sehingga anak-anak tidak akan merasa kesulitan dan wawasan mereka akan bertambah tanpa mereka sadari.

Seri komik pendidikan ini dapat menjadi bacaan ringan di saat santai maupun sebagai bahan bacaan pendukung pelajaran di sekolah.

Melalui komik pendidikan ini, anak dapat memahami lebih baik pelajaran mereka di sekolah dan mengetahui hal-hal baru yang tidak dijelaskan secara rinci di sekolah.

Penulis: Dina Chandra dan Diana Hayati, Editor Komik Pendidikan, Elex Media Komputindo

Seri komik pendidikan ini bisa didapatkan melalui tautan berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com