Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar KIP Kuliah 2024 Jalur SNBP, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

KOMPAS.com - Masa pendaftaran KIP Kuliah 2024 atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) kini sudah dibuka.

Secara umum, registrasi dan pembuatan akun KIP Kuliah 2024 sudah dibuka sejak 12 Februari sampai 31 Oktober.

Namun, untuk pendaftaran KIP Kuliah sendiri harus disesuaikan dengan jalur penerimaan mahasiswa baru.

Artinya, jika siswa SMA sederajat ingin mendaftar KIP Kuliah jalur SNBP, maka pendaftarannya akan dibuka bersamaan dengan pendaftaran SNBP 2024 yakni pada 14 Februari 2024 hingga H-1 sebelum pendaftaran SNBP ditutup.

Cara membuat akun KIP Kuliah 2024

Berikut cara membuat akun KIP Kuliah untuk SNBP 2024. Cara ini juga berlaku bagi siswa yang mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT, jalur mandiri di kampus negeri maupun swasta.

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.

6. Selanjutnya, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Syarat KIP Kuliah 2024

1. Siswa siswa-siswi lulusan sekolah SMA SMK sederajat yang lulus pada tahun ini atau maksimal lulus 2 tahun sebelumnya yakni tahun 2023 atau 2022.

2. Lulus seleksi penerimaan maba melalui semua jalur dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi yang terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem Akreditasi Nasional minimal C atau baik.

3. Memiliki potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi dan atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen.

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan :

  • kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  • masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti: bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), atau
  • masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE), atau
  • mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orangtua atau wali mahasiswa.

Paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000.

Calon penerima pada kriteria ini wajib mengunggah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Demikian informasi mengenai cara buat akun KIP Kuliah untuk jalur SNBP 2024.

Pastikan semua syarat dan tahapan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024 sudah terpenuhi agar kamu bisa kuliah gratis sampai lulus. 

Cakupan KIP Kuliah 2024

Manfaat KIP Kuliah Merdeka 2024 yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi).

Seluruh Perguruan Tinggi penerima mahasiswa KIP Kuliah Merdeka juga harus terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

Selain itu, bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka juga diberikan bantuan biaya hidup. Bantuan biaya hidup per bulan diberikan pada mahasiswa berdasarkan 5 klaster wilayah, yaitu Rp 800.000, Rp 950.000, Rp 1.100.000, Rp 1.250.000, dan Rp 1.400.000 yang mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik.

Bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Mahasiswa dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun.

https://www.kompas.com/edu/read/2024/02/12/175535971/cara-daftar-kip-kuliah-2024-jalur-snbp-kuliah-gratis-biaya-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke