Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 PTN dengan Jurusan Sosiologi Terbaik, Sekian Biaya Kuliahnya

KOMPAS.com - Jurusan sosiologi adalah jurusan yang masuk ke dalam kelompok sosial humaniora yang tersedia hampir di semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di jurusan sosiologi perlu mengetahui bahwa prospek kerjanya sangat luas. Lulusannya dapat bekerja sebagai peneliti sosial, pegawai negeri sipil, jurnalis, hingga tenaga pengajar.

Jurusan ini juga dapat menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk melamar ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNBP yang sebentar lagi akan dibuka.

Melihat dari data QS World University by Subject Sociology 2023, terdapat 3 PTN yang memiliki jurusan sosiologi terbaik di Indonesia.

Data ini dapat digunakan sebagai referensi memilih jurusan dan kampus untuk mendaftar PTN tahun 2024.

1. Universitas Gadjah Mada

Peringkat 151 - 200

Jurusan sosiologi di UGM memberikan pembelajaran tentang teori sosiologi klasik, sosiologi perkotaan, pedesaan, ekonomi, pembangunan, pendidikan, isu gender, metodologi penelitian sosial, sejarah sosial politik Indonesia. Berikut kisaran biaya kuliahnya.

Jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri

2. Universitas Indonesia

Peringkat 201-250

Jurusan sosiologi di Universitas Indonesia berada dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran terkait perencanaan, pengelolaan program pembangunan sosial, dan solusi atas permasalahan sosial. Berikut ini kisaran biaya kuliahnya.

Jalur SNBP, SNBT, dan SIMAK UI

3. Universitas Airlangga

Jurusan sosiologi di Universitas Airlangga sudah hadir sejak tahun 1957 dan sudah terakreditasi unggul oleh BAN-PT. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan seperti sistem politik, sistem sosial budaya Indonesia, sosiologi gender, pranata sosial. Berikut kisaran biaya kuliahnya.

Peringkat 301-340

Jalur SNBP dan SNBT

Jalur Mandiri

  • UKA minimal = Rp 30.000.000
  • UKS = Rp 6.000.000
 

https://www.kompas.com/edu/read/2024/01/10/160000371/3-ptn-dengan-jurusan-sosiologi-terbaik-sekian-biaya-kuliahnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke