Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 PTN Punya Program Kuliah S1-S2 Hanya 5 Tahun, Daftar 2024

KOMPAS.com - Sedang bersiap kuliah S1 di tahun 2024? Kamu bisa mempertimbangkan sejumlah program fast track yang ditawarkan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar bisa sekaligus kuliah S2.

Apa itu fast track S1-S2? Program ini adalah tawaran kuliah S1 dan S2 dalam waktu hanya 5 tahun saja.

Normalnya, bila kamu tidak mengikuti program fast track, maka waktu untuk menyelesaikan kuliah S1 dan S2 kurang lebih 6-8 tahun lamanya.

Jadi, bila saat ini kamu adalah siswa SMA, SMK, MA yang mau mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), cek 8 PTN yang menawarkan program fast track.

8 PTN punya program fast track

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau UGM punya beberapa jurusan yang menerapkan program fast track. Contohnya Program Studi atau Prodi Teknik Elektro, Teknik Informasi dan Geografi.

Dilansir dari sarjana.jteti.ugm.ac.id, ada beberapa persyaratan untuk mengikuti program ini yakni masa studi 5 tahun untuk 2 gelar akademik, yaitu sarjana (S.Si.) dan magister (M.Sc.).

Persyaratan program fast track UGM secara umum antara lain sebagai berikut ini:

2. Universitas Indonesia

Program fast track di Universitas Indonesia mengintegrasikan perkuliahan pada tahun ke-4 jenjang Sarjana dengan mata kuliah tahun pertama program Magister.

Contoh beberapa fakultas di UI yang menyelenggarakan program fast track. Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Fakultas Kedokteran juga punya program Fast Track yang bekerja sama dengan universitas mitra di luar negeri yaitu University Newcastle Upon Tyne untuk program Kelas Internasional.
Mahasiswa akan kuliah selama 6,5 tahun dan akan mendapatkan gelar M.Res setelah lulus.

Dilansir dari scele.cs.ui.ac.id, persyaratan yang diberikan di antaranya:

3. Universitas Brawijaya

UB juga punya program fast track. Jurusan yang masuk dalam program fast track UB antara lain Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ilmu Hukum, Kenotariatan, Ilmu Administrasi Bisnis.

Lalu Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Linguistik Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial Ilmu Fisika, dan masih banyak lagi

Persyaratan fast track UB secara umum seperti ini:

4. Universitas Diponegoro

Undip juga menjadi salah satu kampus yang menyediakan program fastrack pada beberapa prodi, seperti dalam Administrasi Bisnis hingga Ilmu Ternak.

Dilansir dari admbisnis.fisip.undip.ac.id, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini:

  • Mahasiswa semester 7
  • IPK Semester 6 Minimal 3.51 dengan minimal 124 SKS
  • Rekomendasi Dosen Wali
  • Persetujuan Orang Tua
  • Menandatangani Komitmen Studi

5. Universitas Negeri Semarang

Beberapa program studi yang menyediakan program fast track ini memiliki beberapa pilihan kelompok program studi. Dilansir dari penerimaan.unnes.ac.id, Magister (20 pilihan prodi) dari Sumber Sarjana (46 pilihan program studi).

Persyaratan umum fast track Unnes adalah:

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus yang menyediakan program fast track lainnya adalah ITB. Fast track di ITB bernama program penyatuan sarjana dan magister.

Jurusan di ITB yang menyediakan program fast track, misalnya Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Pelaksanaan program fast track telah berhasil meningkatkan jumlah lulusan program studi sarjana yang melanjutkan dan menyelesaikan Program Magister dalam waktu lebih cepat dari 2 tahun serta peningkatan Indeks Prestasi (IP) mahasiswa.

Berikut persyaratan fast track ITB secara umum:

7. Universitas Andalas

Universitas Andalas juga punya program fast track di berbagai jurusan. Misalnya jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip).

Persyaratan umum fast di Universitas Andalas antara lain sebagai berikut.

  • Berada pada semester 7
  • Telah menyelesaikan minimal 120 SKS
  • IPK minimal 3.50
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris setara TOEFL minimal 450 (sertifikat jika ada)
  • Mampu menyelesaikan program sarjana dalam 4 tahun dan program magister 1 (satu) tahun setelahnya.

8. Institut Pertanian Bogor

IPB juga punya jalur fast track bernama program Sinergi S1-S2 di banyak jurusan. Apa saja syarat fast track IPB University? Ini rinciannya secara umum.

  • Mahasiswa S1 dengan IPK minimal 3.25 dan telah menyelesaikan minimum 110 SKS pada semester 6
  • Mahasiswa dengan kematangan individu berdasarkan penilaian Ketua Departemen
  • Mahasiswa yang mendaftar di Program Studi S2 yang sama/sejenis dengan Program Studi S1
  • Mahasiswa yang memiliki rencana studi paripurna untuk menyelesaikan S1-S2, termasuk rencana riset S2 yang selaras dengan skripsi S1

Itulah 8 PTN yang punya program fast track, lulus cepat jenjang S1-S2 cukup 5 tahun saja. Apakah ada salah satu PTN ini yang menjadi pilihanmu di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024? 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/11/26/110000771/8-ptn-punya-program-kuliah-s1-s2-hanya-5-tahun-daftar-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke