Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Beasiswa LPDP Dulu atau Kampus Dulu? Ini Penjelasannya

KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 menjadi salah satu beasiswa bergengsi pemerintah Indonesia. Berdasarkan pendaftaran tahun 2023, beasiswa LPDP dibuka awal tahun atau sekitar bulan Januari-Februari.

Salah satu syarat mendaftar LPDP adalah memiliki LoA atau Letter of Acceptance. Ini adalah surat pernyataan bahwa mahasiswa telah diterima di sebuah perguruan tinggi tanpa syarat.

LoA sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu LoA unconditional dan LoA conditional. LoA unconditional adalah surat yang menyatakan seseorang telah sepenuhnya diterima dan pemegang LoA tinggal melakukan registrasi ulang saja.

LoA Conditional berisi pernyataan bila seseorang sudah diterima, namun masih harus melengkapi beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

Jadi mana yang harus didahulukan antara daftar beasiswa LPDP dulu atau daftar kampus dulu?

Dilansir dari laman Instagram layanan pendidikan ke luar negeri, Schoters pada Kamis, (26/10/2023), kamu bisa memilih untuk daftar LPDP dahulu atau kampus dahulu. Misalnya, kamu sudah memiliki LoA terlebih dahulu sebelum pembukaan LPDP, maka kamu tak perlu melewati seleksi bakat skolastik. Kamu hanya melakukan seleksi administrasi lalu seleksi substansi kemudian penetapan penerimaan beasiswa.

Sementara, bagi yang belum punya LoA maka tahap seleksinya lebih panjang. Pertama, harus melewati tahap seleksi administrasi. Kedua, seleksi bakat skolastik, lalu seleksi substansi, dan penetapan penerimaan beasiswa.

Walaupun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, namun lebih baik kamu memiliki LoA Unconditional.

Hal ini membuat kamu bisa lebih dekat dengan seleksi tahap akhir, yaitu seleksi substansi. Buat kamu yang yang belum mempunyai LoA, LPDP masih menunggu kamu mendapat LoA selama 18 bulan.

Perlu diingat, LoA yang dimaksud wajib dari universitas yang ada dalam list perguruan tinggi tujuan LPDP.

Selain itu, calon mahasiswa yang punya LoA bisa mendaftar di Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) seperti University of Oxford, Harvard University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, University of Cambridge, Caltech, The University of Chicago, Yale University, Princeton University, Imperial College London, dan lainnya.

Sampai sini sudah paham? Bila sudah, yuk ketahui persyaratan LPDP untuk persiapan tahun 2024.

Persyaratan umum beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP memiliki banyak sub kategorinya. Misalnya, beasiswa reguler untuk kuliah dalam negeri, lalu beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia atau PTUD untuk kuliah di luar negeri.

Di bawah ini, adalah sebagian persyaratan umum yang hampir sama antar sub kategori. Namun selebihnya, bisa mengecek laman resmi LPDP. Berikut rinciannya:

Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP, dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

  • Kelas Eksekutif
  • Kelas Khusus
  • Kelas Karyawan
  • Kelas Jarak Jauh
  • Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
  • Kelas Internasional bagi pendaftar tujuan studi dalam negeri;
  • Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau
  • Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

Demikian informasi mengenai beasiswa LPDP 2024 yang bakal dibuka sekitar 4 bulan lagi. BIla ingin ikut, maka bisa memenuhi persyaratan di atas lebih awal, agar tak menyulitkan kamu memperoleh beasiswa LPDP tersebut.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/26/143500371/daftar-beasiswa-lpdp-dulu-atau-kampus-dulu-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke