Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaftaran hingga 24 Juni, Ini 11 Jalur Prestasi Unesa 2023

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tertarik kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), maka bisa mencoba jalur mandiri ini.

Adapun jalur mandiri yang dibuka Unesa ialah jalur prestasi. Ada banyak jalur prestasi di Unesa. Apa saja itu?

Melansir laman Unesa, Senin (12/6/2023), Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Dr. Sukarmin, M.Pd., mengatakan jalur ini merupakan kesempatan baik untuk masuk Unesa bagi generasi daerah yang memiliki prestasi di berbagai bidang.

Hanya saja, jalur ini termasuk yang spesial karena hanya bisa diikuti oleh mereka yang memiliki prestasi di bidang-bidang tertentu.

Jalur prestasi Unesa 2023

Berikut berbagai kelompok prestasi pada jalur ini, yakni:

1. Prestasi Olahraga

Bagi calon mahasiswa yang pernah mengikuti kompetisi olahraga tingkat regional, nasional apalagi internasional baik yang perorangan maupun kelompok bisa memanfaatkan kesempatan pada jalur tersebut.

Pada jalur ini peserta tinggal menyertakan sertifikat prestasi saat melakukan pendaftaran.

2. Prestasi Kepemimpinan

Jalur ini khusus bagi peserta yang waktu SLTA menjadi pengurus inti OSIS seperti ketua-wakil, sekretaris-wakil dan bendahara-wakil. Peserta nanti tinggal menunjukan surat keterangan OSIS.

Sebagai tambahan bisa juga menyertakan sertifikat prestasi yang diperoleh selama menjadi pengurus OSIS.

3. Prestasi Seni

Selain itu, bagi yang memiliki prestasi seni apapun, seperti seni tari, tarik suara, lukisan, seni dalam rancang bisa menggunakan jalur prestasi seni untuk masuk Unesa.

Jalur ini tentu memudahkan peserta yang ingin kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) utamanya prodi bidang seni seperti Desain Komunikasi Visual, Sendratasik, Seni Rupa, Seni Musik, dan lain-lain.

4. Prestasi Saintek dan Soshum

Bagi yang waktu SLTA pernah meraih prestasi lomba yang berkaitan dengan sains dan teknologi atau sosial dan hukum termasuk bahasa dan seni bisa menggunakan jalur tersebut untuk mendaftar di Unesa.

5. Prestasi Pesantren

Tentu jalur ini spesial untuk para peserta lulusan pesantren atau waktu di SLTA sambil mondok di pesantren.

Peserta tinggal menyertakan surat keterangan mondok. Nanti tesnya tidak jauh dari aktivitas dan pelajaran di pondok pesantren.

6. Prestasi MTQ

Jalur ini diperuntukan bagi peserta yang memiliki prestasi mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik level kabupaten, nasional maupun internasional.

7. Prestasi Tahfidz

Bagi peserta yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur'an atau penghafal Al-Qur'an. Peserta yang sudah menghafal 10 juz ke atas bisa menggunakan jalur ini untuk kuliah di Unesa.

8. Prestasi Katolik

Tentu, jalur ini juga diperuntukan bagi peserta yang aktif berkegiatan atau memiliki prestasi lomba-lomba keagamaan Katolik. Peserta nanti tinggal menunjukan surat keterangan atau sertifikat.

9. Prestasi Protestan

Untuk peserta yang aktif berkegiatan seperti menjadi pengurus gereja atau berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan protestan bisa memanfaatkan jalur yang satu ini.

10. Prestasi Hindu

Calon mahasiswa yang beragama Hindu bisa memanfaatkan kesempatan kuliah di Unesa lewat jalur satu ini.

Dengan catatan tentu peserta aktif berkegiatan keagamaan atau pernah berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan Hindu waktu SLTA.

11. Prestasi Buddha

Sedang jalur terakhir ini diperuntukan bagi peserta yang beragama Buddha. Jalur satu ini bisa dimanfaatkan bagi peserta yang aktif berkegiatan keagamaan atau pernah berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan Buddha.

Menurut Sukarmin, pada jalur prestasi ini peserta dapat memilih 2 prodi. Untuk yang memiliki prestasi olahraga, sebaiknya memilih prodi yang sesuai dengan prestasinya.

Kelulusan jalur ini didasarkan pada 2 hal, yakni:

  • Pertama, tes tulis yang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing. Jadwal dan link soal didapatkan di kartu peserta.
  • Kedua, tes wawancara, untuk mengklarifikasi prestasi yang telah diraih atau praktik sesuai talenta atau prestasi yang diunggulkan peserta.

"Bagi peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni, wajib mengupload dokumen portofolio," katanya.

Syarat daftar

Pendaftaran jalur prestasi Unesa dibuka sejak 8 Juni hingga 24 Juni 2023. Adapun persyaratannya yaitu:

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa jalur mandiri atau SPMB bisa langsun ke laman https:// admisi.unesa.ac.id/

https://www.kompas.com/edu/read/2023/06/17/141725871/pendaftaran-hingga-24-juni-ini-11-jalur-prestasi-unesa-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke