Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan di Era Digital

Kemajuan teknologi yang terjadi membuat sebagian besar pekerjaan di masa sekarang sudah mulai bergeser ke arah pekerjaan berbasis internet.

Untuk itu di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, ada beberapa jurusan kuliah yang dianggap memiliki peluang kerja yang besar di masa depan.

World Economic Forum (WEF) menyebutkan dalam The Future of Jobs Report 2020 bahwa terdapat beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar di dunia digital hingga tahun 2030 mendatang.

Diprediksi setidaknya ada empat profesi yang populer di masa mendatang, yaitu Analis Data dan Ilmuwan, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Transformasi Digital, dan Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital.

Dilansir dari laman Universitas Media Nusantara (UMN), di bawah ini ada 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di era digital yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Era Digital

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan yang merupakan bagian dari ilmu seni ini berfokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Jurusan ini dianggap sebagai jurusan yang menjanjikan di era digital karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital.

Lulusan DKV juga sangat dibutuhkan dalam segala jenis industri. Misalnya sebagai desainer, layouter, animator, dan web designer.

Di era serba digital seperti sekarang ini, profesi-profesi tersebut sangat diperlukan oleh banyak perusahaan.

2. Teknik Informatika

Sebagai jurusan yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis, jurusan Teknik Informatika dianggap sangat menjanjikan di era digital.

Jurusan ini mempelajari seluruh seluk beluk dunia IT, seperti perancangan, pengujian, pengembangan dan evaluasi sistem informasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer.

Setiap tahunnya, jumlah peminat dari jurusan ini juga terus meningkat karena memiliki prospek kerja yang cerah.

Berbagai profesi yang dapat dilakukan oleh lulusan Teknik Informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dan lainnya.

3. Matematika dan Statistika

Meskipun dikenal sebagai jurusan yang sulit, tetapi jurusan Matematika dan Statistika menjadi jurusan yang potensial di era digital ini.

Lewat jurusan ini, para lulusannya dapat berkesempatan menjalani sejumlah profesi yang banyak dibutuhkan, seperti data analyst, data scientist, system analyst, dan market researcher.

Sebagai referensi, data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan dari jurusan ini, sehingga banyak yang menobatkannya menjadi pekerjaan terseksi di abad 21.

4. Sistem Informasi

Masih sama seperti Teknik Informatika, jurusan ini mempelajari sistem kerja perangkat lunak.

Namun, Sistem Informasi juga mempelajari tentang perangkat keras serta data.

Untuk itu, lulusan jurusan ini menjadi salah satu yang paling dicari banyak perusahaan.

5. Ilmu komunikasi

Jurusan yang terkenal akan kemampuan public speaking ini merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari di era digital.

Bukan tanpa alasan, mahasiswa Ilmu Komunikasi merupakan ilmu percampuran yang mempelajari banyak disiplin ilmu seperti psikologi, seni, teknologi, sosiologi, bisnis, sastra, hingga politik.

Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya seperti wartawan, film maker, account officer, humas, copywriter, penyiar radio, hingga berkarir di event organizer.

6. Teknologi Bisnis Digital

Munculnya banyak online shop dan e-commerce membuat masyarakat mulai beralih dari cara belanja konvensional ke mode belanja secara daring (online).

Demi menjawab munculnya peluang tersebut, jurusan Teknologi Bisnis Digital hadir untuk mempelajari tentang bisnis secara digital.

Lewat jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen bisnis dan teknologi digital, seperti pengembangan web, analisis data, cyber security, UI/UX, pemasaran digital, manajemen media sosial, fintech industry, e-commerce, dan lainnya.

7. Teknik Industri

Di era industri 4.0 ini jurusan Teknik Industri semakin banyak diminati.

Jurusan ini mempelajari mempelajari tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, sampai mencari ide untuk menciptakan industri baru.

Prospek kerja jurusan ini yaitu bisa menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik, dan lain sebagainya.

8. Cyber Security

Di era digital sekarang ini, data-data pribadi yang tersimpan di perangkat gadget masing-masing individu tidak luput dari tindakan kriminal.

Untuk itu, jurusan Cyber Security hadir sebagai jurusan yang mempelajari ilmu tentang proteksi keamanan digital.

Secara umum, lulusan Cyber Security dituntut untuk dapat melindungi data-data penting milik perusahaan dalam bentuk digital.

9. Farmasi dan Kedokteran

Di tengah gempuran banyaknya pekerja yang digantikan oleh robot, pekerjaan di bidang kesehatan menjadi salah satu profesi yang akan sangat sulit tergantikan.

Jurusan Farmasi dan Kedokteran merupakan jurusan yang sangat kritikal karena akan membantu masyarakat dalam bidang kesehatan.

Jurusan Kedokteran mempelajari tentang fungsi, penyakit, dan cara pengobatan pada tubuh makhluk hidup. Sedangkan jurusan Farmasi sendiri mempelajari seluk beluk tentang obat-obatan.

Setelah lulus dari jurusan Farmasi atau Kedokteran, kamu bisa bekerja di rumah sakit, perusahaan farmasi, apotek atau fasilitas kesehatan lainnya.

Jika kamu meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya, maka kamu juga dapat menjadi dosen di jurusan yang sama.

10. Teknik Arsitektur

Kebutuhan akan gedung dan rumah akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Profesi yang sangat dibutuhkan dalam bidang ini biasanya berasal dari jurusan Teknik sipil dan Arsitektur.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal terkait cara untuk merancang bangunan pada sebuah gambar yang menjadi dasar dalam pembangunan.

Meskipun saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk membuat gambar bangunan, tetapi komputer masih belum bisa merancang gambar bangunannya.

Untuk itu, lulusan arsitektur masih akan bertahan bertahun-tahun ke depan.

Demikian 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di era digital. Seluruh jurusan tersebut bisa jadi referensi bagi para calon mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/21/135954071/10-jurusan-kuliah-ini-paling-dibutuhkan-di-era-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke