Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

KOMPAS.com - Seseorang harus bisa menjaga kesehatan diri. Maka dari itu, dibutuhkan tips hidup sehat agar siap menjalani beragam aktivitas.

Misalnya saja mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta rutin berolahraga adalah hal yang sudah diketahui oleh siapa saja.

Namun, ada hal-hal lain yang cukup sederhana tetapi bisa membuat tubuh menjadi sehat. Seperti apa itu?

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ada beberapa tips hidup sehat atau pola hidup sehat yang bisa dicoba siswa, mahasiswa serta masyarakat luas.

Tips hidup sehat

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Hal yang pertama dan paling penting ialah kamu harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

2. Mengatur waktu makan

Adapun tips hidup sehat berikutnya ialah kamu perlu untuk mengatur waktu makan agar teratur. Jadi kita harus membuat jadwal untuk setiap waktu makan kita.

Contohnya, untuk makan pagi kamu biasanya makan jam 6 pagi, maka seterusnya kamu harus sarapan pada jam 6 tepat, tidak boleh telat ataupun kurang dari jam 6.

Ini karena tubuh kita akan menerima makanan dengan baik pada waktu kita sarapan di pagi hari.

3. Tidur yang cukup

Sedang hal penting lainnya ialah kamu harus bisa istirahat dan memberikan waktu tidur yang cukup.

Hal ini akan membuat tubuh kita lebih fit atau lebih sehat. Karena kita bisa mendapatkan energi dan tenaga yang cukup untuk melakukan kegiatan selama seharian.

4. Minum air putih

Karena tubuh terdiri dari cairan, maka kamu jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Ini juga menjadi kunci pola hidup sehat.

Tentu, alasan lainnya ialah dengan konsumsi air putih yang cukup bisa membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi.

5. Olahraga teratur

Jika berolahraga, maka tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Sebab, dengan kita berolahraga akan lebih aktif bergerak yang kemudian dapat membakar kalori di dalam tubuh.

6. Hindari stres

Sebisa mungkin kita harus menghindari stres. Karena stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh kita akan lemah dan gampang terserang penyakit.

7. Asupan vitamin yang cukup

Untuk menambah daya tahan tubuh, maka kamu bisa memberi asupan vitamin yang cukup. Tentu agar tubuh tidak mudah terserang penyakit

8. Jaga kebersihan lingkungan

Selain menjaga kebersihan diri, kamu juga harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk menghindarkan dari kuman dan penyakit.

9. Kurangi gula

Sedang tips hidup sehat lainnya ialah mengurangi konsumsi gula. Mungkin ini sedikit sulit untuk dilakukan karena setiap minuman yang kita konsumsi 90 persen mengandung gula.

Kita boleh mengonsumsi gula tapi tidak boleh terlalu sering atau terlalu banyak karena salah satu dampaknya dapat menyebabkan penyakit diabetes.

10. Tidak merokok

Bagi yang tidak merokok agar tetap tidak merokok. Sedang bagi para perokok agar segera berhenti merokok. Sebab, merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh.

Jadi itulah 10 tips hidup sehat yang bisa dicoba oleh pelajar, mahasiswa hingga masyarakat luas.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/05/092456071/10-tips-hidup-sehat-dari-ners-unair

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke