Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IISMA 2023 Resmi Diluncurkan, Kuliah Gratis dan Magang di Luar Negeri

IISMA sendiri merupakan program beasiswa dari Kemdikbud Ristek untuk membiayai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas dan industri terkemuka di luar negeri.

Lewat program ini, mahasiswa jenjang sarjana dan vokasi diharapkan dapat belajar, merasakan budaya dari negara tuan rumah, membangun jejaring, hingga magang selama satu semester di kampus dan industri mitra terkemuka di luar negeri.

Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Drs. Gugup Kismono menyebutkan bahwa IISMA dapat memberikan bekal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

Tidak hanya bagi diri sendiri, mahasiswa yang pernah mengikuti IISMA diharapkan dapat berkontribusi positif bagi pertumbuhan bangsa serta meningkatkan citra positif Indonesia.

“IISMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menikmati atmosfir akademik, situasi sosial dan kultur di berbagai negara. Mereka yang mengikuti IISMA bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat dan gaji yang lebih tinggi. IISMA menjadi program yang sangat strategik bagi Indonesia ditengah perubahan konstelasi dunia,” ucap Gugup dalam kesempatan Grand Launching IISMA 2023.

Khusus untuk program vokasi, IISMA tidak hanya menawarkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di luar negeri.

Selain itu, IISMA juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa jenjang vokasi untuk mendapatkan wawasan industri yang beroperasi di luar negeri dengan harapan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk melihat langsung budaya kerja di industri kelas dunia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yulianti. Ia juga menjelaskan bahwa Kemendikbud Ristek merancang program IISMA untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa.

Tentu agar mendapatkan pengalaman yang beragam dan kesempatan belajar di kampus terkemuka dengan harapan para mahasiswa dapat memahami dan mengetahui keberagaman yang ada di dunia sekaligus menjadi duta penting bagi Indonesia.

"Kita harus mengupayakan berbagai hal yang baik, positif, dan efektif untuk memberi bekal kepada mahasiswa mengenai bekerja secara global dan menjadi warga negara global," ucap Kiki.

"Perguruan tinggi tidak lagi cukup memberi bekal kemampuan akademik. Perguruan tinggi harus juga memberikan bekal kompetensi dan pengalaman yang selaras untuk kebutuhan mahasiswa menyongsong masa depan," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam memaparkan bahwa IISMA 2023 merupakan salah satu program unggulan sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek untuk menjawab tantangan internasional dan globalisasi.

IISMA hadir dengan harapan dapat mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan dengan kemampuan untuk bergaul secara nasional yang mempunyai soft skill dan hard skills sekaligus juga menjadi duta bangsa di mancanegara.

Para mahasiswa yang mengikuti program IISMA ini akan jadi duta bangsa sekaligus merasakan pengalaman menimba ilmu, menimba kompetensi dan membangun persahabatan internasional dengan rekan-rekan baru yang akan dijumpai di negara-negara sahabat.

"Para mahasiswa yang aktif di kampus juga kami dorong untuk bisa memanfaatkan program ini untuk menjadi bagian dari global leaders di duta bangsa di mancanegara," tutur Nizam.

Sementara itu, pendaftaran IISMA 2023 telah dibuka sejak 8 Februari 2023 lalu dan akan berakhir pada 8 Maret 2023.

Bagi mahasiswa yang tertarik pada program ini, silakan kunjungi laman portal https://iisma.kemdikbud.go.id/ untuk informasi lebih lengkap.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/25/120527771/iisma-2023-resmi-diluncurkan-kuliah-gratis-dan-magang-di-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke