Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemprov Sulsel, Tanoto, dan UNICEF Luncurkan Buku Percepatan Penurunan Stunting

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan UNICEF Indonesia, Tanoto Foundation, dan Yayasan Jenewa Madani Indonesia meluncurkan buku pedoman "Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) dalam Percepatan Penurunan Stunting" di Makassar (9/2/2023).

Acara peluncuran buku ini juga sebagai tanda dimulainya program "Unlocking Future Potential with Nutrition: Towards Zero Stunting in Indonesia" di Makassar.

Program yang telah berlangsung sejak 2021 ini adalah kerja sama Tanoto Foundation dan UNICEF untuk mendukung target nasional penurunan prevalensi stunting pada anak dengan berfokus pada promosi perubahan perilaku terkait pemenuhan gizi yang positif.

Andi Aslam Patonangi, Pj. Sekda Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “setiap Kabupaten/Kota diharapkan mampu menyusun strategi KPP dengan mempertimbangkan kearifan lokal sehingga intervensi yang dilakukan lebih efektif. "

"Penurunan angka stunting di daerah akan dapat tercapai saat Kabupaten/Kota mampu meneropong permasalahan penyebab stunting yang ada di daerahnya secara tepat, mengidentifikasi cara-cara dan potensi lokal yang dapat digunakan untuk mengintervensi perilaku masyarakat setempat, serta dapat memberikan arahan pelaksanaan program dan pengukuran setelah program dilaksanakan,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Eddy Henry, Head of ECED Tanoto Foundation menyampaikan, “Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, meneruskan komitmennya mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting dengan prinsip kemitraan.”

“Buku pedoman ini berisi komponen-komponen penting yang diperlukan dalam strategi KPP seperti analisis situasi, rencana aksi implementasi, serta pemantauan dan evaluasi sehingga dapat menjadi rujukan bagi Pemerintah Provinsi dalam memastikan bahwa strategi komunikasi (Strakom) kabupaten/kota dapat terlaksana dan dapat diimplementasikan dengan baik," tambahnya.

"Diharapkan juga dengan diluncurkannya buku pedoman ini, upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan stunting semakin terarah dan benar-benar mengubah perilaku sampai di tingkat keluarga,” pungkas Eddy.

Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi dan Maluku Henky Widjaja mengapresiasi dukungan pemerintah Sulawesi Selatan yang terus berupaya menekan angka prevalensi stunting.

“Strategi komunikasi yang kita luncurkan saat ini merupakan strategi komunikasi pertama di tingkat provinsi yang mendukung perubahan perilaku untuk percepatan penurunan stunting,” kata Henky.

“Kami bangga bahwa Provinsi Sulawesi Selatan menjadi pelopor dan terus mengaktifkan semua pihak di Sulawesi Selatan untuk bersama-sama mencegah stunting di lapangan," ungkapnya.

"Semoga langkah yang kita ambil hari ini menjadi penggerak bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia untuk memiliki strategi komunikasi yang dapat memastikan setiap anak Indonesia tumbuh sehat dan menemukan potensi terbaik mereka,” sambung Henky.

Program "Unlocking Future Potential with Nutrition: Towards Zero Stunting in Indonesia "terbagi menjadi dua fase.

Pada fase I di tahun 2021, kerja sama ini menghasilkan pedoman operasional untuk Pemerintah Provinsi dalam mendampingi, memantau, dan mengevaluasi Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menjalankan program Komunikasi Perubahan Perilaku Sosial atau Social Behavior Change Communication (SBCC).

Menyusul hasil dari fase I, Tanoto Foundation dan UNICEF melanjutkan kerja sama ke fase II yaitu pendampingan KPP kepada Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan, yang kemudian diimplementasikan pada kabupaten/kota di kedua provinsi tersebut.

Program ini direncanakan berlangsung pada tahun 2022 hingga 2025.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/12/145037471/pemprov-sulsel-tanoto-dan-unicef-luncurkan-buku-percepatan-penurunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke