Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk Kenal Lebih Dekat Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan di Itera

KOMPAS.com - Jurusan kuliah atau program studi (Prodi) yang satu ini tentu masih asing di telinga. Namanya Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan di Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Bagi calon mahasiswa yang sedang memilih jurusan kuliah, maka bisa mengenal lebih dekat dengan Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan di Itera ini.

Melansir laman Itera, prodi ini merupakan sebuah program studi yang memiliki fokus kajian pada bidang ilmu sains atmosfir dan astrofisika.

Prodi Sains Atmosfir mengkaji atmosfir antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfir terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi.

Selain itu prodi ini juga mengkaji tentang atmosfir antariksa jauh yang mana mempelajari interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya.

Tak hanya itu saja, Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan di Institut Teknologi Sumatera ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Ilmu yang dipelajari di prodi ini

Bagi yang tertarik dengan dunia antariksa dan eksplorasi ruang angkasa, maka program studi ini pas sekali untuk kamu.

Pada Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan kamu akan mendapatkan pengetahuan komprehensif mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfir dan ruang angkasa.

Tentunya, kalau ingin memilih jurusan ini kamu harus menguasai pelajaran-pelajaran eksak seperti matematika, fisika, dan kimia.

Adapun Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (PS SAP) yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 26/KPT/I/2018 Tanggal 10 Januari 2018 merupakan prodi baru di Institut Teknologi Sumatera yang dibuka pada tahun akademik 2018/2019.

Alasan didirikan prodi ini karena kini teknologi telah mencapai era yang disebut dengan “space age” dimana pada era ini, pengembangan keilmuan bertujuan untuk mempelajari segala sesuatu tentang Bumi, sistem tata surya dan alam semesta.

Karena itulah PS SAP dibentuk sebagai program studi pertama di Indonesia yang menggabungkan antara sains atmosfer dan astrofisika.

Sains Atmosfer menitikberatkan pada kajian atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi.

Serta atmosfer antariksa jauh yang mempelajari perilaku interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan Planet-planet lain di Tata Surya dalam kajian “Cuaca Antariksa”.

Bidang Astronomi mempelajari tentang exoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang dan lintasan orbit benda-benda langit.

Prospek kerja Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan

Jika lulus dari Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan, kamu bisa bekerja di beberapa bidang, seperti:

1. Peneliti (BMKG, BPPT, Lapan, Perguruan Tinggi Negeri, LIPI, Kementerian Agama dan Ristek).

2. Staff pengajar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

3. Analis di bidang pertanian, kelautan, energi, hidrologi, sistem informasi, dan penerbangan.

4. Konsultan industri telekomunikasi, satelit, dan sistem navigasi.

5. Konsultan IT dan pengembangan perangkat lunak serta pengembangan industri instrumen pengukuran cuaca dan iklim.

6. Jurnalisme.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/02/155326271/yuk-kenal-lebih-dekat-prodi-sains-atmosfir-dan-keplanetan-di-itera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke