Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tim Hibah PKM Uhamka Gelar Pelatihan bagi Petani Milenial Desa Hariang Lebak

KOMPAS.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menggelar pelatihan pembuatan ginger care dan hard candy jahe bagi Petani Milenial Desa Hariang, Lebak, Banten pada 19 Desember 2022.

Sebagai informasi, ginger care merupakan minyak esensial alami yang berfungsi sebagai aroma terapi berbahan baku dari minyak atsiri. Sedangkan hard candy jahe merupakan permen berbahan baku jahe.

Kedua bahan baku tersebut merupakan hasil dari pertanian Desa Hariang dan diharapkan dengan memberikan nilai tambah kepada bahan baku tersebut akan meningkatkan pendapatan warga.

Kegiatan yang dilaksanakan di Centra Produksi Gula Aren/Gula Semut Desa Hariang, Lebak, Banten, merupakan bagian dari Hibah Program Insentif Pengabdian Masyarakat yang terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis kinerja IKU bagi PTS tahun 2022.

Pengabdian masyarakat diketuai Dosen Uhamka Edi Setiawan beranggotakan Hendi Saryanto (Dosen FTII Uhamka) dan Ari Widayanti (Sosen FFS Uhamka).

Pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan ginger care dan hard candy jahe ini mendapatkan apresiasi dan sambutan positif dari Petani Milenial Desa Hariang Lebak Banten.

“Kami para petani milenial sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat menambah wawasan dan produk baru yang memiliki nilai jual tinggi” ungkap Rohmat salah satu duta Petani Milenial Desa Hariang Lebak Banten.

Dalam sambutan, Ketua LPPM Uhamka Gufron Amirullah menyampaikan kegiatan pelatihan pembuatan ginger care dan hard candy jahe kepada para petani milenial menggunakan alat-alat yang mudah didapatkan.

“Untuk ginger care dan hard candy jahe hanya membutuhkan alat-alat dan bahan baku yang sederhana, kedua produk baru tersebut memiliki nilai jual cukup tinggi bagi petani milenial desa Hariang Lebak Banten,” jelas Gufron.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/21/183755271/tim-hibah-pkm-uhamka-gelar-pelatihan-bagi-petani-milenial-desa-hariang-lebak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke