Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jurusan Saintek Minim Matematika, Ada Pilihanmu?

KOMPAS.com - Tidak semua jurusan Sains dan Teknologi (Saintek) di perguruan tinggi ternyata banyak mempelajari atau menghitung rumus matematika. 

Ada beberapa jurusan saintek yang justru minim matematika. Bahkan, beberapa mata kuliahnya mengandung ilmu dari rumpun Sosial Humaniora (Soshum). 

Jurusan yang minim menghitung matematika ini cocok bagi siswa SMA jurusan IPA yang sudah lelah dengan segala rumus matematika. 

Bahkan kamu bisa menjadikan jurusan di bawah ini sebagai referensi memilih jurusan saat seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nanti. 

Apa saja jurusan Saintek yang minim matematika? 

Dilansir dari laman Ayoguruberbagi, berikut 5 jurusan kuliah Saintek yang minim matematika. 

1. Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis termasuk jurusan bidang Saintek yang mempelajari tentang pengelolaan pertanian dan aspek bisnis yang bisa dihasilkan dari produk pertanian.

Tidak banyak mata kuliah yang penuh rumus, hitungan matematika, justru mata pelajaran yang diajarkan cenderung ke arah IPS.

Mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa adalah pengembangan masyarakat, pemasaran agribisnis, ekonomi pertanian hingga ekonomi makro.

Meski minim hitungan matematika, jurusan Agribisnis menjadi salah satu bidang yang memberikan banyak pilihan prospek kerja dimasa depan.

Contohnya menjadi entrepreneur yang mengelola penjualan buah, sayur, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Selain itu juga lulusan agribisnis dibutuhkan di berbagai perusahaan pemerintah, instansi pendidikan, lembaga penelitian, maupun sektor swasta lainnya.

2. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian biasanya masuk ke dalam Fakultas Pertanian.

Selain minim menghitung matematika, jurusan ini juga memiliki kemiripan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Bedanya, lingkupnya lebih spesifik yaitu hanya pertanian.

Siswa SMA atau calon mahasiswa, harus tahu jika mata kuliah yang diajarkan adalah ekonomi pertanian, organisasi dan kepemimpinan, komunikasi bisnis, dan lainnya sebagainya.

Peluang kerja dari jurusan ini pun cukup menjanjikan, nantinya kamu bisa menjadi konsultan, jurnalis, penyuluh, wirausaha bahkan peneliti.

3. Jurusan Teknik Industri

Meski termasuk jurusan Saintek, namun jurusan Teknik Industri ini juga tidak banyak menghitung matematika.

Jurusan ini penggabungan dari ilmu teknik dan sosial terutama bisnis, manajemen dan psikologi serta pengolahan sumber daya manusia.

Calon mahasiswa harus tahu, jika memilih jurusan ini nantinya akan belajar mengenai bagaimana merancang, mengatur dan juga mengaplikasikan kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi.

Peluang karir dari lulusan ini cukup banyak baik dari jenis maupun jenjang karirnya yang sangat beragam.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai produksi penjamin mutu, konsultan manajemen, sistem informasi dan marketing. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan nantinya untuk bekerja di sektor lain.

4. Jurusan Budidaya Perairan

Jurusan budidaya perairan atau dikenal juga dengan Akuakultur adalah jurusan yang mempelajari aktivitas penangkaran, pemeliharaan, pengembangbiakan biota air tawar maupun air laut.

Meski minim hitungan matematika, siswa atau calon mahasiswa akan mempelajari tentang pemeliharaan, pembibitan, dan teknologi pakan ikan saja, melainkan juga tumbuhan air serta kelestarian lingkungan laut.

Mata kuliah yang akan kamu dapatkan nanti yaitu bioteknologi kultural, manajemen kesehatan ikan, kimia organik, pengantar ilmu ekonomi dan lainnya.

Lulusan budidaya perairan ini nantinya juga bisa menjadi peneliti tentang air dan laut di Indonesia.

Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di departemen pemerintah yang terkait dengan perikanan dan perairan. Bisa juga menjadi seorang pembudidaya ikan yang memiliki nilai jual bagus.

5. Teknik Lingkungan

Ada juga jurusan Saintek yang minim menghitung matematika. Jurusan ini adalah Teknik Lingkungan.

Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari tentang pengelolaan limbah, tindakan kuratif dan preventif untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Prospek kerja lulusan ini, tak cuma menjadi peneliti. Banyak perusahaan swasta besar, kantor pemerintah dan BUMN membutuhkan lulusan jurusan ini.

Itulah 5 jurusan IPA atau saintek minim hitungan, yang bisa dijadikan referensi siswa SMA saat mendaftar Seleksi PTN 2023.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/27/082358771/5-jurusan-saintek-minim-matematika-ada-pilihanmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke