Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu ala Dosen UM Surabaya

KOMPAS.com - Lulus kuliah tepat waktu bisa dilakukan tiap mahasiswa asal mau berusaha.

Lulus kuliah tepat waktu mungkin saja dilakukan asal mahasiswa komitmen dan konsisten dalam mengikuti semua perkuliahan.

Kalau kamu ingin lulus tepat waktu, dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) punya beberapa tips yang bisa dilakukan.

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Surabaya Holy Ichda Wahyuni mengatakan, salah satu kerugian kuliah terlalu lama yaitu bisa menyebabkan pemborosan. Baik dari segi waktu maupun biaya kuliah.

Tips lulus kuliah tepat waktu

Tak hanya itu, lulus tidak tepat waktu juga bisa menjadi penyebab masalah kesehatan mental seseorang teganggu.

Berikut lima tips dari dosen UM Surabaya agar mahasiswa lulus tepat waktu.

1. Komitmen sejak awal

Menurut dia hal pertama yang harus dilakukan adalah komitmen sejak awal saat menjadi mahasiswa.

"Komiten sejak awal saat menjadi mahasiswa baru akan membantu dalam mencapai tujuan. Jika mahasiswa bingung bisa menemui dosen wali untuk sekadar sharing atau meminta saran," papar Holy seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Selasa (6/9/2022).

2. Harus paham kewajiban sebagai mahasiswa

Tips lulus kuliah tepat waktu dari dosen UM Surabaya ini adalah, mahasiswa harus paham kewajibannya.

Hal ini berarti, sejak menjadi mahasiswa baru, harus belajar dan mengembangkan potensi akademik secara seimbang.

Hambatan yang sering dialami mahasiswa adalah mereka sering lalai dengan kewajibannya dan lebih berfokus pada kegiatan di luar kuliah.

Seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi sehingga tidak fokus pada tujuan awal. Sehingga jika tidak bisa bijak membagi waktu, tentu kegiatan perkuliahan akan keteteran.

3. Pahami jumlah minimal SKS

Tips ketiga yakni mahasiswa perlu memahami jumlah minimal SKS. Apabila mahasiswa sudah mengetahui jumlah SKS minimal untuk lulus, mahasiswa akan lebih mudah memahami metode belajar yang tepat untuk menyelesaikan semua SKS yang diambil.

4. Tentukan topik skripsi sejak awal

Sebagai salah satu syarat untuk lulus, menentukan topik skripsi sejak awal tentu sangat membantu.

Kadang skripsi ini menjadi hambatan para mahasiswa lulus tepat waktu karena topik skripsi yang berulang kali ditolak oleh dosen penguji.

"Kalau biasanya skripsi dimulai pada semester 7 dengan pembekalan penulisan skripsi, mahasiswa bisa start lebih awal dengan menentukan topik penelitian di semester 4 atau 5," beber Holy.

Dalam membuat skripsi, mahasiswa bisa memilih topik penelitian yang paling disukai dan dikuasai. Hal ini tentu akan mempermudah mahasiswa dan tidak mudah membuat stres.

5. Bangun komunikasi positif dengan dosen

Tips terakhir dari dosen UM Surabaya agar bisa lulus tepat waktu yakni menjalin komunikasi yang positif dengan dosen pembimbing.

Hal ini penting dilakukan agar mempermudah saat berdiskusi perihal progres skripsi.

"Kalau kita punya hubungan baik dengan dosen pembimbing, mahasiswa tidak akan sungkan untuk mengajak berdiskusi atau bertanya tentang kesulitan dan kendala yang dialami. Proses ini akan mempermudah saat menyelesaikan skripsi," pungkas Holy.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/06/093530771/5-tips-lulus-kuliah-tepat-waktu-ala-dosen-um-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke