Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nadiem Makarim Dorong Universitas Punya Dana Abadi, Ini Manfaatnya

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mendorong semua perguruan tinggi memiliki dana abadi secara mandiri.

Dia menerangkan, semua World Class University (WCU) banyak yang telah memiliki dana abadi perguruan tinggi.

Tujuan penggunaan untuk masing-masing WCU pun berbeda. Nadiem Makarim memberi contoh, dana abadi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menargetkan donasi untuk tahun 2022 sebesar 80 juta dollar dan target alumni yang akan menyumbang sebanyak 40.000 orang.

Dana abadi tersebut digunakan MIT untuk beasiswa, riset, sumber daya manusia (SDM) pendidik dan pengembangan dana abadi.

"Mereka tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah dan mahasiswa saja, tetapi ada sumber pendapatan lainnya," terang Nadiem Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar ke-21 Dana Abadi Perguruan Tinggi, Senin (27/6/2022).

Sumber pendapa lain yang bisa dilakukan perguruan tinggi

Nadiem menjelaskan, setiap PTNBH harus memperbesar sumber pendapatannya di luar bantuan pemerintah dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Yakni melalui beberapa cara seperti:

1. Dari donasi alumni dan masyarakat bisa dengan cara penggalangan dana alumni atau donasi dari perorangan/organisasi.

2. Kerjasama internasional dengan cara kerja sama dengan badan internasional yang memberikan pendanaan tambahan.

3. Kegiatan komersial berupa kegiatan komersial, konsultasi atau jasa yang dilakukan universitas.

"World Class University semuanya memiliki kelima sumber pendanaan ini. Ujung-ujungnya
anggaran ini pula yang akan menjadi bayaran untuk dosen Non-PNS, transformasi pendidikan, pembelian riset lab yang lebih mutahkir, ekspansi program beasiswa. Hal yang mendorong World Class Univeristy yang menjadi impian kita bersama," beber Nadiem.

Nadiem berpesan setiap rektor dan jajarannya bisa memikirkan bagaimana cara menggalang dana dari alumni. Bagaimana mendapatkan anggaran dari pemain filantropi dan mengusung kerja sama internasional dan berbagai kegiatan macam komersial lainnya yang bisa dilakukan perguruan tinggi.

Nadiem menekankan bahwa mencari dana untuk universitas itu adalah bagian dari kebaktian sosial perguruan tinggi.

"Tanpa itu kita tidak bisa meningkatkan kualitas generasi berikutnya," imbuhnya.

Program matching Kemendikbud Ristek dan LPDP

Kemendikbud Ristek dan LPDP akan melakukan pemadanan (matching) terhadap peningkatan dana abadi (pokok plus investasi) yang berhasil digalang.  LPDP sudah menyiapkan dana abadi sebesar Rp 7 triliun. Bunga dari Rp 7 triliun setiap tahun akan disalurkan kepada perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH) yang berhasil mengalang dana dari masyarakat.

Total bunga tiap tahunnya yang akan disalurkan kepada PTNBH yang berhasil meningkatkan dana abadinya masing-masing, yakni tahun 2022 bunga sebesar Rp 455 miliar, tahun 2023 sebesar Rp 350 miliar dan tahun 2025 sebesar Rp 500 miliar

Program dana abadi perguruan tinggi ditargetkan untuk PTNBH karena hanya PTNBH yang secara regulasi, kemampuan dan punya hak untuk mengelola aset finansial secara independen.

"Setiap tahun kita lihat seberapa jago tiap universitas bisa menggalang dana tambahannya," beber Nadiem.

Manfaat jika universitas punya dana abadi

Kemendikbud Ristek dan LPDP akan memberikan alokasi dasar terhadap seluruh PTNBH sebesar Rp 6 miliar di tahun pertama.

Nadiem Makarim menambahkan, dana abadi perguruan tinggi dapat digunakan secara fleksibel oleh PTNBH. Misalnya untuk peningkatakan kualitas tridharma berstandar internasional.

Seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, biaya pegawai non-PNS, peningkatan kualitas sarana pembelajaran dan penelitian, program riset dan inovasi.

Atau diperuntukkan pengembangan World Class University seperti analisis indikator kinerja dan area potensi peningkatan untuk mencapai World Class University, pengoptimalan kinerja perguruan tinggi untuk menggapai target peringkat 500 besar dunia.

"Angaran ini bebas dan PTNBH merdeka menggunakan angaran ini untuk semua improvment untuk mencapai WCU," tandas Nadiem.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/27/182700171/nadiem-makarim-dorong-universitas-punya-dana-abadi-ini-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke