Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Paling Nyaman bagi Pelajar Berikut Kampus Terbaiknya

KOMPAS.com - Kuliah di luar negeri bisa dilakukan dengan memanfaatkan program beasiswa maupun biaya mandiri.

Dengan kuliah di luar negeri, mahasiswa bisa memiliki pengalaman lain hidup di negara orang. Selain itu, gelar yang diperoleh dari universitas luar negeri juga memberikan kebanggaan tersendiri dan menjadi nilai plus saat mencari pekerjaan.

Ada banyak negara yang memiliki perguruan tinggi berkualitas dan bisa dipilih siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan.

Selain memilih universitasnya, kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan negara yang akan menjadi tempat tinggal selama mengenyam studi.

Melansir laman www.topuniversities.com, Senin (2/5/2022), dari pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Best Student Cities 2022, ada beberapa kota di sejumlah negara yang dinilai menjadi negara paling nyaman ditinggali untuk mengenyam studi.

10 negara paling nyaman bagi pelajar

Mau tahu negara mana saja itu? Simak informasi berikut ini.

1. London, Inggris

London mempunyai kekuatan dalam budaya, aksebilitas dan pertumbuhan pendidikan yang sangat kuat.

Beberapa perguruan tinggi pilihan yang ada di London yakni University College London, Imperial College, London School of Economics.

2. Munich, Jerman

Munich berada di peringkat kedua menjadi negara yang cukup nyaman untuk pelajar.
Beberapa universitas terbaik di Munich yang bisa dipilih yakni Ludwig Maximillians University (LMU) Munich, Technical University of Munich (TU) Munich.

3. Seoul, Korea Selatan

Dalam pemeringkatan QS Best Student Cities 2022, Seoul melejit menempati posisi 3 besar. Pada tahun 2019, Seoul menempati peringkat 10.

Kota ini mempunya sejumlah universitas yang masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia yakni Seoul National University (SNU), Korea University dan Yonsei University.

4. Tokyo, Jepang

Pada pemeringkatan tahun 2019, Tokyo sempat berada di peringkat kedua. Namun dalam pemeringkatan QS Best Student Cities 2022, Tokyo turun menjadi peringkat keempat.

Sejumlah universitas terbaik di Tokyo yang bisa menjadi rekomendasi yakni The University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech), Waseda University.

5. Berlin, Jerman

Berlin berada di peringkat 5 kota pelajar terbaik di dunia versi QS sama seperti tahun 2019. Sejumlah perguruan tinggi kelas dunia yang berada di Berlin yakni Freie Universitaet Berlin, Humboldt Universitat zu Berlin dan Technische Universitat Berlin (TU Berlin).

6. Melbourne, Australia

Kota ini melorot tiga peringkat dari hasil pemeringkatan sebelumnya yakni di tahun 2019 Melbourne sempat berada diposisi ketiga.

Beberapa universitas terbaik di dunia yang berada di Melbourne yakni University of Melbourne, Monash University, RMIT University.

7. Zurich, Swiss

Dalam pemeringkatan QS Best Student Cities 2022, Zurich berada di peringkat 7. Universitas terbaik yang berada di salah satu kota terbesar di Swiss yakni University of Zurich, ETH Zurich.

8. Sydney, Australia

Sama-sama berada di benua Australia, Sydney merupakan kota kedua yang masuk dalam jajaran kota pelajar terbaik di dunia. Tahun 2019 Sydney menempati peringkat ke-9. Beberapa universitas terbaik di kota ini yakni The University of Sydney, The University of New South Wales (UNSW) dan UTS.

9. Boston, Amerika Serikat

Pada tahun 2019, Boston menempati peringkat ke-13 dalam pemeringkatan QS Best Student Cities. Namun pada tahun 2022, Boston naik berada di peringkat 9 pada QS Best Student Cities. Universitas terbaik yang ada di kota ini yakni Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University.

10. Montreal, Canada

Canada juga masuk dalam kota nyaman bagi pelajar untuk menempuh studi. Universitas terbaik di kota ini yakni Universite de Montreal dan Mc Gill University.

Demikian 10 kota paling nyaman bagi pelajar versi QS Best Student Cities 2022. Informasi ini bisa menjadi referensi bagi siswa yang berencana kuliah di luar negeri. Ada kota incaranmu di daftar ini?

https://www.kompas.com/edu/read/2022/05/02/152707871/10-kota-paling-nyaman-bagi-pelajar-berikut-kampus-terbaiknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke