Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Prospek Kerja Besar

KOMPAS.com - Memilih jurusan untuk kuliah tentunya bukan perkara mudah. Banyak jurusan yang tersedia di berbagai kampus di Indonesia sehingga perlu dipertimbangkan secara matang.

Meski jurusan-jurusan prestisius, seperti kedokteran, teknik, biasanya hanya bisa dimiliki anak dari jurusan IPA, ada banyak juga jurusan prestisius bagi kamu kelas 12 yang berasal dari jurusan IPS.

Dilansir dari laman goKampus ada banyak jurusan dengan prospek kerja bergaji tinggi. Apa saja jurusan yang bisa kamu pilih, simak pilihannya.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan ilmu komunikasi. 

Selain membahas tentang medium yang digunakan untuk berkomunikasi, di jurusan ini kamu juga akan belajar banyak hal seputar dunia politik, sains, menulis berita, fotografi, bahkan sampai diminta untuk membuat program acara TV.

Intinya, kamu akan belajar banyak hal mengenai aspek-aspek komunikasi maupun teori dan praktik.

Prospek kerja: penulis, presenter, jurnalis, public relations, hubungan masyarakat, dan lainnya. 

2. Psikologi

Jurusan psikologi juga merupakan salah satu incaran anak IPS setiap tahunnya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal mengenai mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga akan meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku yang kita lakukan.

Prospek kerja: HRD, psikolog, terapis, penulis, content creator, dan lainnya. 

3. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional atau yang dikenal dengan jurusan HI ini merupakan salah satu jurusan yang paling bergengsi.

Mahasiswa di jurusan ini akan diminta untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Prospek kerja: Konsultan Politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi, dan lainnya. 

4. Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah yang mempelajari tentang keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, dan lain-lainnya.

Intinya, kamu akan mempelajari banyak hal mengenai keuangan khususnya di sebuah perusahaan ya.

Prospek kerja: Akuntan, pemeriksa keuangan, manajer keuangan, administrasi, dan masih banyak lagi.

5. Manajemen perbankan

Jurusan IPS selanjutnya adalah jurusan manajemen perbankan. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan.

Misalnya, pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.

Prospek kerja: analisis keuangan, akuntan, analisis kredit, perpajakan, dll.

6. Perhotelan dan pariwisata

Seperti yang kamu tahu, jurusan perhotelan dan pariwisata ini kental sekali dengan jurusan-jurusan yang identik diisi oleh mahasiswa dari lulusan SMA IPS.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, dan penginapan atau akomodasi.

Prospek kerja: pegawai di bidang perhotelan dan kapal pesiar, biro perjalanan wisata, perusahaan objek dan daya tarik wisata, konsultan perjalanan wisata, maskapai penerbangan, maupun membuka usaha sendiri.

7. Hukum

Jurusan hukum juga merupakan salah satu jurusan yang paling sering dicari di perkuliahan. Kamu cocok banget untuk masuk ke jurusan ini. Kamu akan belajar banyak hal mengenai peraturan hukum di Indonesia maupun luar negeri.

Mengenai jurusan ini, juga sering menjadi incaran para calon mahasiswa setiap tahunnya. Artinya, jurusan ini juga salah satu jurusan terpopuler bagi anak IPS.

Prospek kerja: Pengacara, sekretaris legal, asisten legal, hakim, jaksa.

8. Sosiologi

Senang dengan dunia sosial dan ingin bergabung atau menggerakkan organisasi sosial?

Jurusan sosiologi mungkin bisa jadi pilihan kamu. Interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain menjadi fokus utama yang dipelajari dalam jurusan. Interaksi itu sendiri bentuknya beragam dan akan punya pengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat.

Prospek kerja: Peneliti sosial, sosiolog, spesialis media sosial, relawan.

9. Penyiaran (broadcasting)

Broadcasting atau penyiaran merupakan salah satu cabang dari jurusan ilmu komunikasi khususnya jurnalistik.

Apa yang dipelajari di jurusan ini adalah bagaimana menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk di produksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa.

Prospek kerja: wartawan, tim kreatif TV atau radio, content creator, presenter.

10. Fashion bisnis

Buat kamu yang suka fashion dan bercita-cita punya bisnis di bidang itu, jurusan ini adalah jurusan yang tepat buat kamu. Program studi Fashion bisnis mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen pada tren fashion saat ini.

Prospek kerja: Visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/12/075832871/10-jurusan-kuliah-anak-ips-dengan-prospek-kerja-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke