Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuliah Umum UGM: Ini Prospek dan Tantangan BPJS Kesehatan ke Depan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi selama setahun ini tentu menjadi masalah serius bersama. Bahkan pemerintah terus berupaya agar pandemi bisa cepat teratasi.

Karena Covid-19 berdampak luas di segala sektor, bagaimana dengan BPJS Kesehatan? Bagaimana kondisi terkini, prospek dan tantangan ke depannya?

Terkait hal itu, Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Klinis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan kuliah umum.

Kuliah umum bertajuk "Perjalanan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Semesta dengan JKN: Lesson Learnt, Kondisi Terkini, Prospek, dan Tantangan ke Depan" digelar secara daring melalui Zoom, Jumat (5/3/2021).

Adapun narasumbernya ialah Direktur Utama BPJS Kesehatan yang belum lama dilantik yakni Prof. dr. Ali Ghufron Mukti M.Sc., Ph.D.

Menurut Kaprodi Magister Ilmu Kedokteran Klinis FK-KMK UGM, Retno Sutomo, Sp.A(K), Ph.D., kuliah umum ini adalah agenda rutin tiap semester.

Bekali mahasiswa calon dokter

Tentu tujuannya untuk membekali mahasiswa baru dengan isi yang sifatnya makro yang bisa bermanfaat untuk mahasiswa minat utama MS-PPDS, sehingga isu mengenai BPJS ini menjadi hal yang penting.

"Karena mau tidak mau seorang dokter akan berkaitan dengan BPJS Kesehatan," ungkap dr. Retno seperti dikutip dari laman fk.ugm.ac.id.

Dalam paparannya, Prof. Ali Ghufron menjelaskan, selama perjalanan JKN sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, jumlah peserta JKN sebanyak 222,4 juta jiwa dengan mayoritas peserta adalah penerima bantuan iuran.

"Jumlah kunjungan terus meningkat setiap tahunnya, namun terjadi penurunan jumlah kunjungan di tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19," jelasnya.

Prospek ke depan jaminan kesehatan

Untuk prospek ke depan jaminan kesehatan terutama JKN-KIS harapannya ialah dapat:

1. mencegah kemiskinan karena jatuh sakit

2. menggerakkan ekonomi

3. meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan

4. menciptakan lapangan kerja

5. meningkatkan harapan hidup

6. output penciptaan lapangan kerja

7. menurunkan porsi out of pocket (OOP) dalam total belanja kesehatan

Tantangan BPJS Kesehatan

Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh BPJS Kesehatan dalam perjalanannya yaitu:

1. tantangan dari aspek belanja kesehatan strategis

2. perluasan kepesertaan

3. pengumpulan iuran

"Juga penjaminan manfaat pelayanan kesehatan menjadi motivasi bagi BPJS kesehatan untuk terus berinovasi memecahkan masalah dan mencapai program JKN yang berkualitas dan berkesinambungan," tandas Prof. Ghufron.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/12/085847271/kuliah-umum-ugm-ini-prospek-dan-tantangan-bpjs-kesehatan-ke-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke